Mengenal Jenis Hardware Komputer dan Fungsinya Masing-Masing

Jenis hardware komputer sangatlah banyak dan peranannya terhadap komputer juga berbeda-beda. Ada yang vital, ada juga yang tidak begitu vital. Namun secara fungsional, hardware komputer ini dikelompokkan menjadi 4 jenis.

Sudah tentu keberadaan hardware ini berfungsi sebagai penunjang utama dari kinerja komputer itu sendiri. Semakin bagus spesifikasi hardware yang Anda miliki, tentu akan semakin tinggi juga performa komputer yang digunakan.

Dalam memilih hardware ini Anda harus memastikan kalau spesifikasinya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini yang disesuaikan adalah jenis aplikasi apa yang akan digunakan nantinya, serta bagaimana minimum requirement yang diminta oleh aplikasi itu sendiri.

4 Jenis Hardware Komputer Utama

Sejauh ini ada 4 jenis hardware pada komputer secara umum. Adapun jenis-jenis hardware tersebut adalah input device, Process device, Output device dan Storage device. Agar bisa memahaminya dengan lebih jelas, Anda bisa mengikuti penjelasan di bawah ini.

Input Device

Input device adalah perangkat atau hardware yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer. Secara umum, fungsi dari hardware ini adalah untuk memasukkan data dari luar ke dalam komputer.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Bootloop Tanpa Menggunakan PC

Data ini bisa berupa data apa saja. Sudah tentu berbeda jenis data akan berbeda pula jenis hardware yang digunakan. Contoh perangkat yang termasuk input device adalah :

  1. Keyboard : Keyboard ini berfungsi untuk memasukkan karakter, huruf, angka, kata dan berbagai perintah lainnya.
  2. Mouse : Mouse digunakan untuk melakukan pengoperasian khusus pada komputer seperti memindahkan, menggerakkan dan lain-lain.
  3. Touch Pad : Sama seperti mouse, touch pad ini berfungsi untuk melakukan gerakan pada komputer
  4. Joystick : Joystick biasanya digunakan untuk operasi pada game yang diinstallkan pada komputer.
  5. Camera : Camera digunakan untuk menangkap visual baik berupa gambar ataupun video
  6. Microfone : Microphone digunakan untuk menangkap suara atau bunyi.

Itulah berapa jenis hardware komputer dari sisi input device. Selanjutnya kita akan membahas perangkat lainnya yakni process device.

Process Device

Setelah masuk ke input device, selanjutnya perintah tersebut akan diterima oleh process device. Sama seperti namanya, device ini berfungsi untuk memproses perintah yang diberikan oleh input device.

Baca Juga  Virus Trojan menginfeksi 3,2 juta komputer Windows

Adapun jenis perangkat yang termasuk ke dalam input device adalah :

  1. Power Supply (PSU) : perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik ke seluruh perangkat yang ada pada komputer atau laptop.
  2. Motherboard : perangkat ini memiliki fungsi untuk menghubungkan semua perangkat yang ada pada komputer.
  3. Processor : Perangkat ini memiliki fungsi untuk melakukan proses atau eksekusi terhadap segala perintah yang diberikan oleh input device.
  4. Random Access Memory (RAM) : Perangkat ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan memori sementara.

Setelah diproses oleh perangkat-perangkat ini, selanjutnya perintah akan disampaikan ke output device. Sebagaimana namanya, fungsi perangkat ini tentu saja untuk mengeluarkan, memperlihatkan dan menampilkan.

Output Device

Output device adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan berbagai jenis hasil pengolahan yang sudah dilakukan oleh CPU. Jenis hardware komputer satu ini juga cukup banyak. Diantaranya adalah

  1. Monitor : Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan informasi berupa gambar teks, video, streaming, grafik yang sudah diproses oleh CPU.
  2. Printer : Perangkat ini berfungsi untuk mencetak informasi yang ada pada komputer di media yang sudah ditentukan.
  3. Speaker : Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara.
Baca Juga  Jenis Investasi Jangka Pendek yang Harus Dipahami

Selain ketiga hardware komputer di atas, ada juga jenis hardware lainnya yaitu storage device.

Storage Device

Storage device atau biasa juga disebut dengan memory device. Jenis hardware komputer satu ini memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis data yang ada pada komputer itu sendiri dari mulai hardisk, flashdisk, CD dan berbagai jenis perangkat lainnya.

Secara umum, fungsi dari storage hardware ini memang sama, yakni untuk penyimpanan. Sudah pasti kapasitas dari storage juga berbeda-beda. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Biasanya storage device ini ada yang sifatnya permanen, namun ada juga yang sifatnya portable alias semi permanen. Penggunaannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna masing-masing.

Kesimpulannya, memahami jenis hardware ini sangatlah penting. Dengan memahaminya kita juga bisa memahami bagaimana cara kerja dari komputer itu sendiri. Terlebih kita juga jadi tahu apa saja detail dari jenis hardware komputer yang biasa digunakan saat ini.