Beberapa Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya

Penyebab laptop hang tentunya sangat banyak. Hal ini bisa terjadi akibat kerusakan hardware maupun non hardware. Namun memahami hal ini sangat penting karena bukan hal yang tidak mungkin kalau kondisi ini menimpa pada laptop Anda.

Pada saat laptop hang tentu saja ada banyak sekali kendala yang akan Anda dapatkan dari mulai pekerjaan yang terbengkalai, waktu terbuang, dan berbagai risiko materiil dan non materiil lainnya.

Penyebab Laptop Hang dan Solusinya

Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, sangat penting bagi Anda untuk memahami langkah-langkahnya. Caranya juga sama sekali tidak sulit. Ikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai solusinya.

RAM terlalu kecil

Penyebab pertama dari laptop yang mengalami hang adalah kapasitas RAM yang terlalu kecil. Perlu dipahami, RAM ini memiliki peranan yang sangat besar terhadap kinerja komputer atau laptop Anda.

Dengan keberadaan RAM, komputer bisa melakukan proses multitasking dan melakukan penyimpanan data sementara. Karena itulah dibutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar untuk menjaga kelancaran komputer Anda.

Baca Juga  Aplikasi Matematika untuk PC, Belajar Jadi Mudah

Pada saat kapasitas RAm tidak memadai, sudah tentu akan ada banyak risiko yang muncul dari mulai laptop hang dan berbagai risiko lainnya.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, tentu saja cara terbaik adalah mengganti RAM Anda dengan kapasitas yang lebih besar. Menggantinya akan meningkatkan performa laptop Anda jauh lebih cepat lagi.

Terlalu banyak aplikasi terinstall

Penyebab laptop hang lainnya adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada laptop atau komputer Anda. Untuk menyimpan aplikasi dalam jumlah banyak, tentunya diperlukan kapasitas penyimpanan yang memadai.

Terlalu banyak aplikasi tanpa didukung dengan penyimpanan yang cukup hanya akan membuat kinerja laptop menjadi lemot. Tentu saja kondisi ini akan memberikan Anda banyak kerugian jika dibiarkan.

Untuk mengatasinya ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang memang tidak terlalu sering Anda gunakan. Sedangkan cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti hardware.

Anda bisa mengupgrade hardisk pada laptop yang dimiliki, atau bisa juga sekaligus mengganti kapasitas RAM yang ada pada laptop. Mengganti kedua hardware tersebut akan memberikan dampak besar bagi performa laptop Anda.

Baca Juga  Berbagai Software Edit Video untuk Generasi Muda

Terlalu banyak aplikasi startup

Penyebab laptop hang lainnya adalah terlalu banyak aplikasi start up pada laptop Anda. Aplikasi start up ini aplikasi yang secara otomatis langsung berjalan ketika Anda baru menyalakan laptop atau komputer itu sendiri.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan mematikan aplikasi start up itu sendiri. Caranya juga tidak sult. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini sampai tuntas :

  1. Pertama tekan tombol windows + R (RUn)
  2. Setelah terbuka kotak dialog ketikkan “taskmgr” tanpa tanda kutip, tekan enter setelahnya
  3. Klik tab start up setelah muncul kotak dialog selanjutnya
  4. Pilih aplikasi yang hendak Anda matikan, caranya dengan mengklik kanan aplikasi tersebut, kemudian pilih disable.

Setelahnya Anda bisa melakukan restart pada komputer. Biasanya cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi laptop atau komputer yang mengalami hang.

Banyak sampah menumpuk

Terlalu banyak sampah atau cache juga menjadi salah satu penyebab laptop hang lainnya. Keberadaan sampah sampah ini akan membuat penyimpanan laptop Anda cepat habis. Sudah tentu performa laptop akan menurun setelahnya.

Untuk mengatasi hal ini tentu saja kita harus menghapus file sampah tersebut. Tenang saja karena ternyata ada cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Langsung saja ikut panduannya di bawah ini :

  1. Pertama Anda bisa masuk ke desktop komputer
  2. Kemudian setelahnya Anda bisa langsung membuka menu recycle bin
  3. Klik kanan ikon recycle bin tersebut, kemudian klik opsi empty recycle bin
Baca Juga  Laptop 2 in 1 Terbaik Berspesifikasi Canggih

Kalau cara tersebut kurang ampuh, Anda juga bisa mencoba cara kedua. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Buka aplikasi windows explorer pada laptop atau komputer Anda
  2. Klik kanan hardisk yang hendak Anda bersihkan sampahnya
  3. Pilih menu properties
  4. Klik tab Tools yang ada di dalam menu properties
  5. Setelahnya klik Disc Clean Up
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  7. Setelah ini restart komputer Anda dan rasakan perbedaan yang ada.

Selain beberapa penyebab yang sudah kami jelaskan di atas, penyebab lain dari hang pada laptop adalah virus. Tentu saja untuk mengatasi permasalahan satu inji Anda harus menginstalkan anti virus.

Setelahnya Anda hanya perlu melakukan scanning total pada komputer Anda dengan menggunakan antivirus tersebut. Tunggu hingga semua virus pada laptop Anda terkarantina. Setelahnya virus penyebab laptop hang akan langsung hilang.