Manfaat Teknologi 5G yang Sudah Mulai Masuk Indonesia

Dengan mulai masuknya jaringan 5G di sebagian daerah Indonesia, ternyata terdapat manfaat teknologi 5G. Tentu dengan adanya jaringan 5G ini akan menjadi lebih baik daripada versi sebelumnya yaitu 4G.

Sepenting apakah 5G tersebut untuk kehidupan manusia di Indonesia? Tentu dengan kemajuan teknologi saat ini yang membutuhkan jaringan lebih cepat untuk mengikutinya fasilitas penyedia internet juga harus lebih mumpuni.

Oleh karena itu munculnya jaringan terbaru ini juga akan dapat mengimbangi perkembangan dunia digital. Mungkin untuk sebagian orang versi 4G aja sudah cukup kencang untuk berselancar di internet.

Tetapi perkembangan dunia digital yang sangat pesat ini 4G saja belum cukup untuk memenuhinya. Jadi dengan hadirnya 5G di Indonesia diharapkan perkembangan digital juga bisa mengikuti.

Baca Juga  Dampak Sosial Media Bagi Para Remaja yang Harus Anda Tahu

Seperti yang sudah disampaikan di akun instagram resmi Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan teknologi jaringan terbaru 5G.

Manfaat Teknologi 5G untuk Perkembangan IoT

IoT atau Internet of Things ini biasanya berhubungan dengan teknologi smart city, smart home dan lainnya. Tentu dengan menggunakan jaringan 5G ini bisa menjadikan kualitas dan kinerjanya semakin baik.

Karena seperti namanya sendiri, teknologi IoT ini membutuhkan jaringan internet untuk bisa bekerja dengan baik. Dengan jaringan yang semakin baik menjadikan kualitas dari teknologi IoT ini juga semakin baik.

IoT sendiri sudah berkembang di Indonesia, oleh karena itu dengan adanya 5G ini akan meningkatkan kualitasnya secara signifikan. Selain itu terdapat juga teknologi mobil otonom atau tanpa awak.

Baca Juga  Manfaat Sosial Media untuk Meningkatkan Penghasilan Berbisnis

Dengan mobil tersebut kamu tidak perlu menyetir sendiri, dengan menggunakan fasilitas jaringan sekitar mobil tersebut sudah bisa berjalan secara otomatis. Dengan adanya jaringan kualitas terbaru ini menjadi lebih menjanjikan.

Jadi kemungkinan akan mulai muncul mobil tanpa awak ini di Indonesia seiring penyebaran jaringan 5G. Interaksi dengan rambu-rambu, mengikuti rute peta dan fitur lainnya akan menjadi semakin baik.

Manfaat Teknologi 5G untuk Cloud Gaming

Jika kamu seorang gamer, maka dipastikan pernah mendengar tentang cloud gaming. Dimana kamu tidak perlu susah payah memiliki space memori secara fisik, bisa langsung menyimpan game tanpa khawatir.

Dengan teknologi cloud gaming ini kamu bisa mengakses game dimana saja dan kapan saja asalkan tersedia koneksi internet. 5G ini juga menawarkan koneksi kencang dan latensi yang rendah.

Baca Juga  Dampak Sosial Media Bagi Para Remaja yang Harus Anda Tahu

Dimana kondisi seperti itu akan membuat kegiatan bermain game kamu menjadi lebih lancar dan mulus. Koneksi 5G juga memungkinkan untuk mendukung akses cloud gaming dimana akan membutuhkan koneksi lebih kuat.

Selain itu teknologi AR (Augmented Reality) serta VR (Virtual Reality) akan meningkat kualitasnya. Biasanya AR atau VR ini akan terganggu dengan jeda waktu dimana bisa mengurangi kenyamanan penggunanya.

Adanya koneksi paling baru ini tentu akan membantu karena latensi yang dihasilkan menjadi lebih rendah. Masih banyak manfaat teknologi 5G dalam bidang lainnya, dan tentunya akan mempermudah kegiatan berinternet.