Fitur Keamanan Baru untuk Mengamankan Akun Instagram

Jika kamu seorang pengguna media sosial, pasti kenal dengan instagram dimana baru-baru ini mengeluarkan fitur keamanan baru. Tentu keamanan akun sangatlah penting untuk para pengguna sosial media.

Karena terdapat banyak sekali data pribadi yang penting biasanya pada akun tersebut. Oleh karena itu, instagram akan memberikan fitur baru tersebut demi kenyamanan para penggunanya.

Instagram sendiri memiliki banyak sekali pengguna dari segala usia. Awalnya hanya merupakan sosial media untuk mengunggah foto saja kemudian berkembang dengan fitur yang semakin lengkap hingga sekarang.

Sekarang ini aplikasi instagram juga sudah bergabung dengan grup facebook bersama whatsapp. Jadi data yang terdapat di instagram sudah bisa di integrasikan dengan akun facebook pribadi kamu.

Dengan populernya aplikasi instagram ini tentu banyak pihak tidak bertanggung jawab ikut memanfaatkannya. Untuk tindakan pencegahan, pihak instagram baru saja merilis fitur keamanan terbarunya demi mempersempit pergerakan peretas akun.

Baca Juga  Kelebihan Aplikasi Instagram Dibandingkan Sosial Media Lain

Mencegah Pergerakan Hacker dengan Fitur Keamanan Baru

Sudah banyak tokoh-tokoh penting dunia menggunakan aplikasi instagram, baik untuk promosi ataupun hanya mengunggah update terbaru. Dengan begitu banyak juga pihak tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkannya.

Sudah banyak account yang dilaporkan sedang diretas hacker. Sebelumnya kamu hanya bisa melakukan tindakan report account atau melaporkan akun tersebut telah diretas oleh orang lain.

Dengan fitur baru ini kamu bisa meningkatkan keamanan akun untuk mencegah tindakan peretasan tersebut. Tentu tidak ada yang ingin akunnya terkena retas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Karena bisa saja orang itu menggunakan akun kamu untuk berbuat kriminal atau menipu kenalan di instagram tersebut. Dengan mengaku bahwa orang tersebut adalah kamu atau sebagai pemilik akun.

Baca Juga  Ohh Gini Doang! Cara mencari filter di instagram

Hal ini tentu bisa merugikan berbagai pihak yang terlibat. Baik kamu sebagai korban peretasan atau teman kamu sebagai korban penipuan oleh pihak yang mengaku sebagai pemiliki account asli.

Aktifkan TFA dan Update Nomor Telepon untuk Keamanan

Fitur keamanan baru instagram ini bernama Security Checkup atau pemeriksaan keamanan. Dimana langkah-langkah tertentu harus dilakukan oleh pengguna agar fitur ini bisa berjalan dengan baik.

Seperti pemeriksaan untuk aktivitas login dari account, review ulang profil akun, dan meninjau informasi kontak sebagai pemulihan akun. Tetapi instagram sendiri belum memberitahu kapan fitur ini akan muncul.

Kemungkinan akan muncul di saat sebuah akun terindikasi adanya peretasan yang mencoba melakukan login. Yang terpenting adalah tetap aktifkan TFA atau Two Factor Authentication dan selalu update nomor ponsel kamu.

Baca Juga  Cara Mengiklankan Produk Lewat Instagram Paling Mudah

Dengan TFA, harus dilakukan verifikasi dengan sebuah kode yang dikirimkan ke nomor ponsel tersebut. Jadi jika ada yang ingin login akun kamu, otomatis akan terdeteksi dengan munculnya kode verifikasi tersebut.

Jadi sangat penting untuk mengaktifkan otentifikasi dua langkah ini dan selalu update nomor ponsel terbaru. Agar nantinya jika akun kamu terdapat orang yang mencoba meretas bisa mencegah hal tersebut.

Lebih baik mencegah tindakan peretasan dengan memanfaatkan fitur tersebut. Dengan memberikan fitur keamanan baru, instagram berharap dapat memperkecil kemungkinan sebuah akun untuk diretas.