Konsol Steam Deck dari Valve, Spesifikasi dan Harganya

Baru-baru ini Valve pengembang platform game Steam, mengumumkan perilisan konsol Steam Deck. Dimana konsol tersebut bisa digunakan untuk memainkan semua game yang tersedia di Steam.

Bentuk dari konsol ini mirip dengan Nintendo Switch, hanya saja controller Steam Deck tidak bisa dilepas seperti di Switch. Seperti konsol portable pada umumnya, desainnya bertujuan agar bisa dibawa kemana-mana.

Selain untuk memainkan game Steam, konsol ini juga bisa dioperasikan layaknya komputer. Dikedua sisinya terdapat analog sebagai controller saat bermain game dan D-pad di kiri serta tombol ABXY di kanan.

Letak dari analog dan tombol kontroler tersebut bisa dikatakan berbeda dengan konsol portable lainnya. Dengan posisi berjejer membuat tersedianya ruang lega dimana terdapat dua touchpad mini tepat di bawah analog.

Baca Juga  Prosesor Tiger Lake-H, Intel Core Generasi ke-11

Tentu harga yang dibanderol juga bermacam-macam tergantung dengan spesifikasi yang kamu pilih. Berikut detail spesifikasi tersedia dari Steam Deck serta daftar pilihan harga yang ditawarkan.

Spesifikasi Lengkap Konsol Steam Deck

Tentu untuk konsol satu ini Valve tidak main-main dengan memberikan spesifikasi yang mumpuni. Karena hanya melalui konsol tersebut sudah bisa memainkan game sekelas komputer, berikut detail spesifikasinya.

  1. Prosesor menggunakan AMP APU
  2. CPU yang digunakan 2,4 – 3,5 GHz (seperti pada PS5) Zen 2 (4 Core, 8 thread),
  3. GPU yang digunakan 8 RDNA 2 Cus, 1 – 1,6 Ghz
  4. Memori RAM 16 GB LPDDR5
  5. Memori Storage tersedia 3 pilihan, 256 GB NVMe SSD PCIe Gen 3 x4 atau 512 GB NVMe PCIe Gen 3 x4, 64 GB eMMC PCIe Gen 2 x1.
  6. Eksternal Storage : slot SD Card
  7. Layar LCD 7 inch 1280 x 800 pixel, 400 nits, 60 Hz, bisa touchscreen
  8. Perlengkapan koneksi, Bluetooth 5.0, WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz
  9. Baterai sebesar 40 Whr, USB type C
  10. Operation System yang digunakan SteamOS 3.0
Baca Juga  Prosesor Tiger Lake-H, Intel Core Generasi ke-11

Harga untuk Konsol Steam Deck

Terdapat tiga pilihan untuk masing-masing spesifikasi, pertama dan paling murah adalah dengan storage hanya 64 GB. Dengan harga asli $399 atau jika dirupiahkan sekitar 5,7 juta rupiah.

Kedua dengan storage 256 GB dengan harga asli $529 atau sekitar 7,6 juta rupiah. Ketiga dengan kapasitas storage pada 512 GB harga asli sekitar $649 atau sekitar 9,4 juta rupiah.

Baca Juga  Prosesor Tiger Lake-H, Intel Core Generasi ke-11

Tentu semakin tinggi storage bawaannya, kualitas NVMe juga akan semakin cepat. Tetapi tidak perlu khawatir jika dirasa storage masih kurang, juga disediakan slot untuk Micro SD.

Steam Deck akan diluncurkan pada Desember 2021 dan saat ini hanya bisa dilakukan pre-order. Dan baru hanya tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa dan Inggris saja.

Untuk di Indonesia dan negara lainnya belum terdapat pengumuman lebih lanjut. Untuk kamu gamer PC berharap saja jika konsol Steam Deck untuk segera masuk di Indonesia.