tips melakukan pencarian di Google
tips melakukan pencarian di Google

Tips Melakukan Pencarian di Google Agar Hasilnya Akurat

Ada beberapa tips melakukan pencarian di Google agar hasilnya lebih maksimal. Google merupakan salah satu mesin pencari paling canggih dan paling populer di dunia.

Akan tetapi dengan segala kecanggihan yang dimiliki terkadang hasil yang ditampilkan oleh Google belum maksimal. Penyebab dari hasil pencarian Google tidak maksimal bisa sangat beragam.

Salah satu penyebabnya adalah cara pencarian yang salah. Hampir semua kalangan menggunakan Google baik anak muda maupun orang tua. Terkadang beberapa orang tidak terlalu paham ketika mengetikkan kata kunci pada kolom penelusuran.

Padahal Google memiliki algoritma canggih untuk membuat hasil penelusuran menjadi akurat. Jika kamu memahami cara menggunakan Google dengan benar pastinya kamu akan bisa menemukan informasi yang dicari dengan lebih cepat.

Beberapa Tips Melakukan Pencarian di Google

Google Terus melakukan pengembangan untuk memberikan hasil terbaik kepada para penggunanya. Berikut beberapa cara yang diberikan Google agar hasil pencarian kamu menjadi lebih akurat.

  1. Menggunakan urutan kata yang tepat

Saat mengetikkan kata kunci alangkah baiknya kamu menggunakan urutan kata yang tepat. Karena Terkadang ketika urutan kata berbeda maknanya bisa berbeda. Hal ini dapat menyebabkan hasil pencarian tidak akurat.

Seperti misalnya yaitu adalah ketika kamu mengetikkan kata “biru langit”, jika urutan Katanya dibalik menjadi “langit biru” tentunya maknanya akan berbeda. Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk melakukan pencarian dengan urutan kata yang benar.

  1. Menggunakan tanda minus untuk memperkecil hasil pencarian

Tips melakukan pencarian di Google selanjutnya yaitu adalah dengan menggunakan tanda minus. Tanda minus berguna untuk menghilangkan kata-kata atau hasil yang tidak relevan.

Sebagai contoh, kamu ingin melakukan pencarian mengenai profil kota Liverpool. Jika kamu hanya mengetikkan kata Liverpool pada Kolom pencarian sangat memungkinkan hasilnya menampilkan klub sepak bola Liverpool.

Untuk Itu kamu bisa meletakkan kata-kata seperti “ Liverpool -sepakbola” kan agar hasilnya tidak menampilkan klub sepak bola Liverpool.

  1. Menggunakan (:) untuk melakukan filter

Kamu bisa melakukan filter ketika melakukan pencarian di Google menggunakan tanda titik dua (:). Ini memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian pada situs website tertentu yang sudah terpercaya.

Misalnya Saja kamu ingin melakukan pencarian di situs contoh.com. Kamu dapat menuliskan kata kunci terlebih dahulu kemudian diikuti (:) dan selanjutnya nama situs. Contohnya yaitu “makanan khas semarang :contoh.com”.

  1. Menggunakan tanda petik

Dengan menggunakan tanda petik dua Google akan menampilkan seluruh kata yang digunakan dalam kolom pencarian. Hal ini tentunya akan membuat hasil pencarian lebih akurat.

Contoh penulisannya yaitu misalnya seperti “cara melakukan diet yang benar secara alami”. Dengan menambahkan tanda petik Google akan menampilkan artikel yang yang memiliki seluruh frasa dalam kata kunci.

Google merupakan salah satu penyedia informasi terbesar di dunia. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips melakukan pencarian di Google dengan baik dan benar.