Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik
Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online Terbaik

Aplikasi pembelajaran online sangat membantu tenaga pendidik saat mengajar secara daring. Dalam beberapa tahun terakhir pembelajaran secara daring banyak menjadi pilihan orang-orang karena lebih fleksibel.

Di era modern seperti saat ini, kamu dapat belajar secara cara online tetapi tetap interaktif seperti berada di dalam kelas. Bahkan ada beberapa keunggulan yang dimiliki pembelajaran secara daring dibandingkan kan di dalam kelas.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika pembelajaran daring yang diterapkan saat ini, di Indonesia masih belum berjalan maksimal. Hal ini dikarenakan banyak faktor salah satunya yaitu adalah infrastruktur yang belum memadai.

Jika diterapkan dengan baik pembelajaran daring bisa menjadi salah satu solusi agar dunia pendidikan lebih berkembang. Tentunya dibutuhkan kerjasama semua pihak agar pembelajaran daring di Indonesia dapat berjalan efektif.

Beberapa Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online

Beberapa aplikasi bisa kamu gunakan untuk melakukan pembelajaran online agar proses belajar mengajar tetap berjalan walaupun tanpa bertatap muka langsung. Berikut beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pembelajaran online.

  1. Rumah belajar

Aplikasi rumah belajar disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi rumah belajar tentunya proses belajar secara daring akan lebih efektif.

Ada berbagai macam fitur yang dapat kamu Nikmati. Media yang digunakan Kan untuk belajar juga sangat beragam yaitu suara, gambar, tulisan, video, dan animasi. Hal ini membuat proses belajar mengajar menjadi interaktif.

Tentu, bagi seorang pengajar aplikasi satu ini sangat berguna untuk memberikan pelajaran kepada siswa. Siswa juga tidak cepat merasa bosan karena memiliki fitur-fitur menarik dan interaktif.

  1. Ruang guru

Ruang guru merupakan aplikasi pembelajaran online yang sangat populer di Indonesia. Sudah banyak sekali siswa yang mendapatkan manfaat dari menggunakan aplikasi ruang guru.

Aplikasi ruang guru memberikan materi dalam bentuk video beranimasi sehingga sangat interaktif dan tidak membosankan. Selain itu ada banyak sekali soal latihan untuk mengasah kemampuan kamu.

Salah satu fitur menarik yang disediakan ruang guru adalah social learning. Dimana kamu dapat melakukan video call dengan para master guru untuk membahas materi tertentu.

  1. Google Suite for Education

Google juga menyediakan layanan untuk melakukan pembelajaran secara online. Kamu dapat menikmati layanan yang diberikan dari Google secara cuma-cuma. Ada banyak sekali layanan dari Google Suite for Education.

Salah satu yang paling banyak digunakan yaitu adalah Google classroom. Google classroom memungkinkan para tenaga pengajar untuk membuat tugas dan menyampaikan materi dengan mudah.

  1. SeTARA Daring

SeTARA Daring merupakan learning management system dengan fitur yang sangat lengkap. Aplikasi satu ini memang sengaja dibuat untuk memudahkan melakukan pembelajaran secara online.

Ada Banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan setara Daring, dari mulai mempersiapkan kelas, membuat tugas, dan memberikan nilai kepada siswa.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, tentunya dunia pendidikan harus menggunakan teknologi dalam penerapannya. Dengan menggunakan aplikasi pembelajaran online terbaik, akan membuat pendidikan lebih mudah dan efisien.