Presentasi tampak wajah
Presentasi tampak wajah

Presentasi Tampak Wajah, Latar Belakang Bahan Presentasi

Presentasi tampak wajah adalah salah satu fitur yang cukup banyak digunakan. Ini karena biasanya presentasi yang biasa dilakukan secara langsung menjadi terbatasi karena adanya pandemi. Sehingga fitur ini diluncurkan sebagai pengganti sementara.

Edukasi merupakan salah satu hal yang harus beradaptasi paling banyak. Program belajar yang sebelumnya selalu dijalankan secara langsung harus digantikan sementara dengan melakukannya secara online atau daring.

Hal ini lantas membuat pemegang aplikasi berusaha untuk menyesuaikan program belajar biasa menjadi sama jika dijalankan secara online. Salah satu hal yang paling sering dilakukan sebelumnya adalah presentasi, dan kini juga harus dilakukan secara online.

Keunggulan Menggunakan Presentasi Tampak Wajah

Hal utama yang dilatih pada saat melakukan presentasi adalah kemampuan berbicara dan kepercayaan diri orangnya. Sehingga, fitur yang harus dikeluarkan adalah presentasi yang sebisa mungkin mirip presentasi langsung. Sehingga keunggulan tampak wajah ini adalah:

  1. Guru Lebih Bisa Menilai

Seperti yang dibilang sebelumnya, hal yang dinilai adalah kemampuan kita menjelaskan bahan presentasi kita. Mimik wajah kita dan kepercayaan diri kita dapat terlihat jika melakukan presentasi tampak wajah.

 

Sebaliknya, jika tidak terlihat wajah orang yang melakukan presentasi tersebut, maka guru akan kesulitan menilai. Karena bisa saja hanya membaca teks karena tidak terdeteksi. Maka dari itu, penilaian guru akan lebih efektif.

 

  1. Bisa Di rekam

Keunggulan lain jika melakukan presentasi tampak wajah adalah karena bisa direkam. Jika demikian, kamu bisa mengulanginya lagi dan lagi jika hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

 

Jadi, jika dikumpulkan nanti, kamu tidak perlu ribet lagi menggabungkan bahan presentasi dan wajah kamu. Adapun dengan adanya fitur rekam ini, guru juga bisa melihatnya lagi untuk menjadi bahan penilaian.

 

  1. Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video

Selayaknya sebuah presentasi, kita pastinya ingin menghadirkan bahan presentasi yang interaktif. Ini tetap bisa lakukan dengan menggunakan presentasi tampak wajah. Jadi, hasilnya akan tetap sama dengan presentasi biasa.

 

Biasanya di presentasi biasa pasti kita akan menyajikan teks, gambar, foto, animasi dan hal lainnya. Berbeda jika kamu hanya berdiam diri merekam dan tanpa bahan presentasi yang ditampilkan, pasti lebih susah dimengerti dan kurang menarik.

Aplikasi untuk Melakukan Presentasi Tampak Wajah

Jika kamu sudah kepikiran untuk melakukan presentasi yang lebih interaktif dan menarik dengan yang menampakkan wajah, maka kamu tidak perlu ribet lagi karena ada aplikasi Zoom Meeting. Di aplikasi ini, kamu akan sangat terbantu untuk melakukan kegiatan ini.

Caranya adalah dengan kamu membuka sesi meeting baru. Setelah itu, kamu ke menu “Share Screen” dan pilih bagian “Advance”. Pada bagian advance nanti, kamu akan menemui beberapa fitur lain yang juga menarik.

Untuk membuat presentasi tampak wajah, kamu pilih bagian “Powerpoint as Virtual Background”. Dengan telah memilih itu, maka layar akan berubah menjadi powerpoint yang kamu pilih dan bisa langsung melakukan presentasi.

Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan melakukan presentasi, contohnya melatih kepercayaan diri Namun, jika kamu masih ingin mendapatkan fungsi ini meskipun secara daring, maka kamu wajib menggunakan aplikasi presentasi tampak wajah.