cara menggunakan Slack
cara menggunakan Slack

Cara Menggunakan Slack: Cocok untuk Kerja Kelompok

Bingung cari cara menggunakan slack? Jika dibandingkan dengan aplikasi konferensi yang sudah ada, mungkin slack tidak sepenuhnya mirip dengan mereka. Namun, jika sudah mengerti cara menggunakannya, maka kamu juga akan lebih nyaman menggunakan Slack.

Karena kebutuhan untuk berkomunikasi meskipun sedang terjadi pembatasan sosial, maka alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi media sosial. Bukan hanya antar 1 atau 2 orang, akan lebih baik jika aplikasi menyediakannya untuk kelompok

Ini karena aplikasi komunikasi pribadi sudah banyak beredar. Sebagai gantinya, pihak developer aplikasi harus beralih ke media konferensi yang bisa melibatkan banyak orang. Salah satunya adalah Slack yang menggabungkan fitur media sosial pribadi dan konferensi.

Apa yang Bisa Didapatkan di Slack?

Aplikasi ini mungkin masih sedikit yang tahu cara menggunakan Slack. Namun, siapa sangka bahwa aplikasi ini bisa memiliki kelebihan yang bahkan tidak dimiliki oleh aplikasi yang bahkan sudah populer. Jadi, ini adalah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan di aplikasi Slack:

Mudah dalam Melakukan Chat dan Menelpon

Hal pertama yang bisa didapatkan adalah seperti layanan konferensi biasa yaitu meeting dan chat. Namun, keunggulannya adalah kamu tidak perlu ribet memasukkan link atau kode lagi karena cara menggunakan slack adalah hanya masuk ke grup.

 

Chat Pribadi

Dalam Slack, kamu juga bisa melakukan Chat pribadi antar teman baik dalam satu grup atau tidak. Meskipun kamu bisa melakukan chat di grup, pasti lebih baik menjaga privasi sehingga diberikan juga layanan chat ke kontak yang kamu tuju.

 

Status yang Berubah-ubah

Pasti kamu juga ingin melakukan update status untuk menandai kegiatan kamu. Berbeda dengan aplikasi biasa yang harus secara manual. Karena dengan menuruti cara menggunakan slack, status dapat berubah sesuai jadwal yang telah kamu susun.

 

Fitur Reminder

kamu juga bisa memanfaatkan fitur pengingat jika sudah ada jadwal meeting atau ada hal penting untuk dicatat, namun kamu sedang tidak membawa pensil atau alat lainnya. Jadi, fitur ini bisa juga sebagai hal produktivitas yang bisa kamu gunakan.

Cara Menggunakan Slack untuk Kerja Kelompok

Sebagian besar dari kalian mungkin akan menggunakan slack untuk keperluan kerja kelompok. Caranya juga tidak susah karena semua sudah terlampir secara rapi. Jadi, ini adalah beberapa keperluan kerja kelompok dan cara mengaplikasikannya:

Membuat Channel atau Kelompok

Langkah awal dalam cara menggunakan slack adalah untuk membuat ruang bagi kelompok. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi Slack dan create new groups dan kreasikan channel yang bisa dikreasikan sesuai keperluan.

 

Mengirim Pesan dan Video Call

Hal yang pasti akan menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan dengan kelompok adalah berdiskusi. Cara menggunakan slack untuk diskusi juga tidak susah karena dalam grup tersebut, kamu hanya perlu ke channel tertentu untuk chat maupun call.

 

Mengundang Teman

kamu pasti tidak ingin group kosong, bukan? Jadi, kamu perlu mengajak teman kamu untuk masuk dan bergabung dengan mengirimkan link. Caranya adalah dengan klik kanan pada group dan copy link, dan kamu bisa kirim ke teman-teman.

Aplikasi media sosial dan konferensi memang banyak. Namun, Slack bisa mengkombinasikan kedua jenis teknologi ini menjadi suatu hal yang nyaman digunakan. Sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui cara menggunakan Slack sehingga menganggapnya kurang menarik.