Smartphone NFC
Smartphone NFC

Kegunaan Smartphone NFC untuk Digunakan Harian

Smartphone NFC sekarang sudah semakin banyak bertebaran di pasar, karena setiap brand kali ini sudah menyedia fitur tersebut. mengingat fungsinya sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk memudahkan.

Near Field Communication merupakan fitur untuk berkomunikasi namun tanpa menggunakan perantara kabel. Sebenarnya fitur NFC sudah sejak lama ada, tercatat pada tahun 1983 dipatenkan oleh Charles Walton.

Tetapi perlu diingat pada dasarnya memang fitur komunikasi tanpa perantara kabel, tetapi perlu diketahui juga secara fungsional tidak bisa jarak jauh alias hanya jarak dekat. Karena antenanya lebih pendek dari gelombang sinyal operator.

Apa Saja Fungsi Smartphone NFC?

Dengan diluncurkannya oleh berbagai brand pastinya mereka sudah memikirkan fungsinya, mengingat perkembangan teknologi sekarang sudah canggih. Mengingat smartphone ini juga sudah mulai terjangkau harganya.

Terhubung ke Perangkat lain

Perlu diketahui fungsi dari near field communication tidak hanya sebagai cek sandi rekening saja. Tetapi bisa juga dijadikan penghubung antar perangkat. Cara menggunakannya juga mudah hanya tempelkan aja.

Selain itu tidak perlu juga perantara apapun termasuk wifi atau jaringan LTE. Cara menyambungkannya juga berbeda dengan bluetooth. Dengan begitu smartphone kamu bisa terhubung dengan wireless router, headset dan lain sebagainya.

Transfer File

Fungsi selanjutnya yakni melakukan transfer data atau file, ini dikarenakan dari kegunaan dasarnya mampu terhubung antar perangkat. Dalam hal transfer data sama seperti bluetooth tetapi lebih mudah untuk menghubungkannya.

Tentunya kamu bisa mengirim berbagai macam file sesuai keinginan mulai dari kontak, gambar, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengirim file ataupun menerima file dari perangkat lain.

Pembayaran

Sekarang sudah banyak berbagai macam perusahaan mengembangkan Fintech atau Financial Technology, Fintech ini bervariatif salah satu nya adalah e-wallet. Melalui e-wallet kamu bisa melakukan pembayar cashless.

Cara menggunakannya cukup mudah seperti bisanya NFC hanya perlu ditempelkan ke mesin pembayaran dan pembayaran selesai. Samsung Pay, Apple Pay, Google Pay sudah memfasilitasi teknologi tersebut.

Tetapi perlu diingat jika kamu akan melakukan pembayaran cashless perlu ditoko yang mendukung juga. Pasalnya di Indonesia belum semua toko menyediakan pembayaran cashless.

Akses Informasi Smartcard

Fungsi smartphone NFC selanjutnya yakni bisa membaca data, termasuk data pada smartcard. Smartcard juga bervariatif bisa kartu kerta, ATM, e-toll dan jenis kartu lainnya yang sudah ditanam chip.

Melalui smartcard dan didukung oleh smartphone canggih pastinya bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Mulai dari pengecekan saldo untuk atm, e-waller, e-tool dan caranya hanya menempelkan kartu pada hp kamu.

Selain itu bisa digunakan untuk melakukan top up, biasanya untuk melakukan top e-toll perlu melalui atm. Namun kali ini tidak perlu semua bisa dilakukan melalui hp, tetapi atm kamu juga harus mendukung fitur tersebut.

Itu beberapa fungsi dari fitur terbaru, mengingat belakangan ini fitur tersebut sangat fenomenal. Terlebih lagi banyak brand ternama mulai menawarkan smartphone NFC dengan harga murah.