Smartphone 5G
Smartphone 5G

Deretan Keunggulan Smartphone 5G, Apakah Perlu Dibeli?

Smartphone 5G adalah bentuk kemajuan teknologi terbaru yang tengah menarik perhatian penikmat gadget. Terobosan generasi kelima ini tentunya menawarkan segudang keunggulan yang lebih baik dari sebelumnya.

Apalagi sekarang sudah ada beberapa tipe ponsel yang dibekali dengan dukungan konektivitas 5G. Apa saja keunggulan teknologi 5G? Sebelum buru-buru mengincar ponsel 5G, ketahui dulu fitur-fitur yang ditawarkan konektivitas ini.

Keunggulan Smartphone 5G Dibandingkan 4G

Salah satu perbedaan mencolok dengan 4G yakni dari kecepatan jaringannya yang mencapai 100 kali lipat lebih besar, hingga 10Gbps. Lebih lengkapnya, berikut deretan keunggulan ponsel 5G yang harus kamu ketahui:

Latensi Lebih Rendah

Latensi adalah jeda waktu dalam proses penghantaran data, jadi jika nilainya makin rendah akan semakin cepat memproses. Jaringan Five G ini diklaim memiliki latensi lebih rendah dengan transmisi kurang dari 5 milidetik.

Teknologi tersebut akan sangat berguna di berbagai bidang pekerjaan, bisnis maupun dunia games. Terutama untuk aplikasi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) yang akan terasa mulus koneksinya.

Bisa Mengendalikan Drone

Ponsel dengan teknologi tersebut dapat mengendalikan drone lebih baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai sektor pekerjaan seperti pemetaan, pertanian maupun militer. Jaringannya yang sangat stabil akan menggerakkan drone lebih lancar dan aman.

Kecepatan Transmisi Tinggi

Kamu bisa menikmati kecepatan transmisi jaringan yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Terutama ketika mengakses program, file atau aplikasi remote, dijamin akan berjalan lebih cepat.

Ditambah lagi dengan penggunaan cloud pada smartphone sehingga ponsel tidak perlu bergantung pada memori internal terlalu banyak untuk akumulasi data. Hal ini juga berpengaruh pada spek prosesor, tidak perlu pilih yang tinggi.

Fitur Cloud Gaming

Khususnya bagi para gamers, fitur ini tentunya akan sangat berguna. Kamu bisa menikmati streaming menggunakan jaringan 5G yang berbasis Cloud. Fungsi teknologi ini untuk menampilkan kualitas gambar sangat bagus, smartphone tidak mudah panas dan baterai jadi lebih awet.

Peningkatan Kapasitas Internet

Jaringan 5G sudah pasti mengalami peningkatan kualitas internet yang jauh lebih baik daripada 4G. Dengan peningkatan hingga 1000 kali lipat lebih cepat, ponsel 5G mendukung berbagai aktivitas di perangkat dengan lebih mulus.

Melihat daftar keunggulan jaringan 5G di atas, lalu apakah ponsel dengan konektivitas generasi terbaru ini harus dibeli? Tentu saja, tapi sayangnya untuk saat ini Indonesia belum siap menggunakan jaringan tersebut.

Hingga saat ini pemerintah Indonesia masih terus menggarap satelit Palapa agar mampu menyediakan jaringan 5G. Jadi diperkirakan Indonesia baru bisa menikmati teknologi 5G pada 2024. Memang sudah ada beberapa tipe ponsel dengan spek ini, tapi belum bisa digunakan.

Kamu tertarik? Untuk sekarang jaringan 4G masih bisa diandalkan. Kamu bisa menikmati smartphone 5G beberapa tahun lagi dan semoga bisa lebih cepat dari prediksi.