Cara Screenshot di Komputer Tanpa Instal Aplikasi
Cara Screenshot di Komputer Tanpa Instal Aplikasi

5 Cara Screenshot di Komputer Tanpa Instal Aplikasi

Masih bingung cara screenshot di komputer tanpa harus instal software atau aplikasi? Memang kebanyakan pengguna komputer atau laptop perlu menginstal aplikasi screenshot di perangkat mereka karena belum tahu cara manualnya.

Padahal ada beberapa cara mudah dan praktis untuk mengambil tangkapan layar di Windows, baik mengambil bagian tertentu saja di layar atau secara keseluruhan. Mau tahu caranya? Langsung saja simak tutorialnya berikut.

Cara Screenshot di Komputer Paling Mudah

Cara-cara yang akan kami sebutkan disini bisa kamu terapkan di komputer maupun laptop. Mungkin ada sedikit perbedaan untuk tipe-tipe perangkat tertentu. Berikut beberapa cara screenshot untuk pengguna Windows:

Baca Juga  Aplikasi Meeting Online dengan Kualitas Paling Memuaskan

Menggunakan Tombol PrtScn

Cara paling mudah yakni dengan menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) di keyboard untuk mengambil keseluruhan bagian tampilan layar. Kamu tinggal menekan tombol tersebut dan secara otomatis hasil screenshot disalin ke clipboard.

Kemudian kamu bisa menampilkannya di Microsoft Word atau untuk menyimpannya dalam format JPEG/JPG bisa menggunakan Paint. Gampang banget bukan?

Menggunakan Tombol Alt + Prtscn

Untuk cara ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Kamu bisa menggunakan shortcut Alt + PrtScn pada keyboard untuk mengambil tangkapan layar.

Hasilnya juga akan tersimpan pada clipboard. Perbedaannya, jika kamu menggunakan cara ini maka bagian taskbar dibawah layar tidak akan ikut terambil, tidak seperti cara sebelumnya.

Baca Juga  Aplikasi Meeting Online dengan Kualitas Paling Memuaskan

Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn

Shortcut tombol Windows Key + PrtScn juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Kalau untuk metode ini hasilnya nanti sama seperti cara pertama, yakni pada bagian taskbar akan ikut terambil.

Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

Kalau kamu hanya ingin mengambil bagian tertentu saja di layar tanpa harus memotongnya secara manual maka bisa memakai shortcut Windows Key + Shift + S. Setelah menekan tombol tersebut, layar sesaat akan meredup dan muncul penunjuk yang bisa diarahkan menggunakan mouse.

Arahkan mouse untuk mengambil bagian pada layar yang ingin si screenshot. Namun untuk hasil screenshot-nya nanti juga akan disimpan dalam clipboard, jadi gunakan Microsoft Word atau Pain di Windows untuk menyimpannya.

Baca Juga  Aplikasi Meeting Online dengan Kualitas Paling Memuaskan

Menggunakan Snipping Tool

Tenang saja, aplikasi Snipping Tool ini merupakan bawaan dari sistem operasi Windows, jadi kamu tidak perlu menginstalnya secara manual. Snipping Tool bisa dikatakan sebagai tools yang paling fleksibel untuk screenshot. Cara menggunakannya juga mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan tampilan layar mana yang akan kamu screenshot
  2. Buka Snipping Tool melalui Start Menu
  3. Klik opsi “New” di sudut kiri atas tampilan Snipping Tool
  4. Arahkan kursor untuk mengambil bagian yang diinginkan
  5. Simpan hasil screenshot atau kamu juga bisa menyalinnya tanpa menyimpan

Dengan beberapa cara diatas, kamu tidak perlu pakai software tambahan saat ingin screenshot di laptop atau komputer. Namun memang metode cara screenshot di komputer tersebut masih memiliki fitur yang terbatas, sehingga kadang membutuhkan program khusus.