Cara Membuat Konten YouTube Shorts, Mirip Seperti TikTok
Cara Membuat Konten YouTube Shorts, Mirip Seperti TikTok

Cara Membuat Konten YouTube Shorts, Mirip Seperti TikTok

Belum tahu cara membuat konten YouTube Shorts? Tidak mau kalah dari Instagram Reels, YouTube kini juga menjadi pesaing TikTok dengan meluncurkan fitur Shorts untuk memposting video-video pendek. Awalnya memang hanya dirilis secara terbatas di Amerika Serikat dan India.

Tetapi kini sudah tersedia di 100 negara termasuk Indonesia. Dengan fitur tersebut kamu bisa membuat video berdurasi pendek berdurasi hingga 60 detik dan membagikannya ke YouTube. Bagi kalian yang belum tahu tentang fitur baru dari YT tersebut, simak cara membuatnya berikut ini.

Sekilas Tentang Fitur Shorts di YouTube

Beberapa bulan lalu YT sebenarnya sudah mengumumkan bahwa mereka telah menyiapkan dana hingga 100 juta dollar (Rp 1,4 triliun) untuk pengguna Shorts. Digadang-gadang rencana tersebut memang untuk mengikuti trend pengguna saat ini yang sangat tertarik dengan TikTok.

Dengan dana tersebut nantinya akan digunakan untuk model monetisasi Shorts sehingga dapat membangun basis pengguna dan kreator di fitur baru YouTube tersebut. Apalagi melihat Instagram yang sukses beberapa waktu lalu merilis laman video pendek melalui Reels.

Dibawah naungan Google, Shorts diklaim sudah menghasilkan pendapatan hingga 6,5 miliar dolar untuk pemutaran setiap hari secara global. Sementara untuk dana 1,4 triliun rencananya akan didistribusikan hingga 2022.

Jadi buat kalian yang punya hobi membuat konten, bisa banget coba fitur baru tersebut. Buat konten seunik dan semenarik mungkin untuk menghasilkan uang dari monetisasi. Kamu bisa dapat uang dari membuat konten tersebut.

Cara Membuat Konten YouTube Shorts

Sebelumnya pastikan kamu sudah update aplikasi YouTube versi terbaru untuk menggunakan fitur ini. Fitur tersebut nantinya akan masuk ke laman sendiri dan akan ditampilkan di galeri Shorts dalam bentuk vertikal. Bagi yang penasaran ingin mencoba Shorts, berikut tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Youtube di ponsel kamu. Jika belum update, kamu bisa memperbaruinya melalui Google Play Store.
  2. Selanjutnya tekan ikon “+” yang ada di bagian bawah untuk mulai menggunakan Shorts.
  3. Berikutnya pilih Opsi Create a Short. Pada langkah ini kamu bisa menentukan durasi video yang diinginkan.
  4. Tekan tombol merah untuk mulai merekam dan disarankan menggunakan posisi vertikal. Atau jika ingin mengambil file video dari ponsel, klik icon sebelah tombol shutter.
  5. Setelah selesai merekam atau mengambil file, selanjutnya kamu bisa mengedit terlebih dahulu. Seperti menambahkan musik, teks, filter, mengatur timeline, mengatur kecepatan dan fitur editing lainnya yang disediakan.
  6. Tuliskan bagian judulnya juga dan kamu bisa memposting untuk publik maupun privat. Selain itu juga bisa menggunakan Schedule untuk mengatur jadwal tayang.
  7. Jika sudah selesai, langsung saja tekan tombol Upload di bagian atas dan membagikannya ke laman Shorts.

Cara diatas sangat mudah untuk diaplikasikan secara langsung. Apalagi bagi penggemar TikTok, kamu bisa dapat uang dengan cara membuat konten YouTube Shorts di atas.