Pentingnya google drive
Pentingnya google drive

Pentingnya Google Drive Dalam Kehidupan di Dunia Modern

Pentingnya google drive seperti jarang disadari masyarakat. Padahal fitur dari google ini memiliki banyak manfaat. Nantinya berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Sebenarnya di luar negeri, hampir setiap orang menggunakan google drive.

Namun hal tersebut tidak berlaku di Indonesia. Penggunaan google drive masih terkesan belum umum. Itu karena, kebanyakan orang Indonesia terkesan malas untuk mempelajari hal baru. Jika nantinya sudah populer, barulah banyak orang akan mempelajarinya.

Jika berbicara tentang kehidupan di dunia modern, google drive sebenarnya terkesan wajib. Itu karena, keberadaannya tidak bisa dilepaskan dengan kemajuan teknologi itu sendiri.

Pentingnya Google Drive untuk Kehidupan

Ada banyak alasan penting google drive untuk kehidupan. Kelebihan tersebut nampak jelas jika meneliti pada fitur yang dimilikinya.

Baca Juga  Aplikasi Android untuk Mahasiswa Ini Sangat Penting

Jika kamu masih baru dalam menggunakan google drive, kelebihan ini pasti tidak akan terasa. Oleh sebab itu, berikut detailnya secara lebih lengkap.

Menyimpan File

Fungsi utama google drive adalah untuk menyimpan file. Tentu file akan disimpan secara online. File yang disimpan sendiri bermacam-macam. File umum hingga file pribadi bisa disimpan dengan mudah.

Setiap akun google akan mendapatkan penyimpanan sebesar 15 GB. Tentu penyimpanan tersebut bisa dikatakan sangat besar. Sebenarnya, kamu juga bisa membayar dan mendapat penyimpanan lebih luas. Namun jika ingin tetap gratis, buat saja akun google lain.

Berbagi File

Ketika sebuah file disimpan, keberadaannya tidak hanya untuk disimpan. Kamu juga bisa membagikan file tersebut kepada orang lain. Membagikan file tersebut bisa dikatakan sangat mudah.

Baca Juga  Aplikasi Baca Buku Gratis yang Paling Memuaskan

Itu karena, kamu hanya perlu membagikan link google drive tersebut kepada orang lain. Kamu juga bisa memilih siapa saja yang bisa membuka file tersebut. Ini tentu bermanfaat karena membuat file tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Nantinya orang yang masuk bisa memberi komentar pada file tersebut. Ini jelas bermanfaat dan bisa digunakan untuk bekerja secara berkelompok.

Edit File

Google drive sudah menjadi semakin canggih. Keberadaannya tidak hanya dijadikan sebagai tempat menyimpan file dan membagikannya. Mengedit file juga bisa dilakukan bersama-sama.

Ada banyak file yang bisa diedit mulai dari word, excel, dan bahkan power point. Nantinya file yang diedit akan otomatis tersimpan. Ini lebih mudah dari pada harus mengunduh file tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Ini Hasilnya Seperti Kamera Profesional

Backup File

Sering terdapat kondisi dimana perangkat rusak dan file hilang. Jika menggunakan google drive, kondisi ini tidak akan terjadi. Itu karena, penyimpanan akan dilakukan secara online. Sebenarnya cara ini juga membuat penyimpanan irit.

Membuat Catatan

Google Drive sekarang sudah menambahkan fitur bernama Keep. Keep ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan catatan. Ini membuat aplikasi lain tidak perlu dipasangkan. Seluruh catatan bisa dibuat dan disimpan secara online di drive.

Pastikan untuk tidak asal dalam menggunakan google drive. Jika asal, manfaatnya tidak akan dirasakan. Pastikan pentingnya google drive sudah diketahui terlebih dahulu sehingga manfaatnya akan semakin terasa.