cara download Google Meet di laptop
cara download Google Meet di laptop

Cara Download Google Meet di Laptop dan Keunggulan-keunggulannya

Sedang cari info bagaimana cara download Google Meet di laptop? Google maps memang merupakan salah satu aplikasi video konferensi yang cukup populer selain Zoom, bahkan saat ini banyak orang yang lebih menyukai menggunakan Google Meet.

Efek dari pandemi memang mengharuskan beberapa orang bekerja dari rumah atau WFH, begitu juga dengan para pelajar yang harus mengerjakan materi secara online dan sesekali berkomunikasi dengan aplikasi berbasis video conference.

Tidak heran jika banyak yang mendownload aplikasi serupa menggunakan laptop maupun smartphone. Namun baru-baru ini banyak instansi yang lebih sering menggunakan Google Meet karena memiliki banyak keunggulan.

Apa Saja Keunggulan Google Meet?

Google meet sendiri merupakan salah satu layanan milik Google yang difungsikan untuk melakukan video conference dan mengirimkan pesan di mana aplikasi ini merupakan generasi terbaru yang awalnya disebut Google hangout.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Filter di Google Meet, Ada yang Baru

Dibanding aplikasi serupa, Google map ini memiliki banyak fitur, bahkan beragam keunggulan misalnya seperti aplikasi yang bisa diunduh gratis serta beragam keunggulan-keunggulan lainnya seperti:

  1. Memiliki tampilan yang tidak rumit sehingga cukup user friendly atau bisa dipakai oleh banyak orang
  2. Memiliki integrasi dengan kalender sehingga dapat memberikan notifikasi jadwal Meeting, kamu pun tidak akan terlambat atau lupa akan jadwal tersebut
  3. Kuantitas peserta yang bisa masuk ke dalam rumah cukup banyak bahkan kamu bisa mengundang 100 peserta dalam satu room
  4. Ada juga fitur enkripsi video yang dapat melindungi data penggunanya
  5. Ada fitur berbagi layar agar kamu bisa menyajikan dokumen comma-separated atau presentasi sehingga lebih nyaman dan informatif
Baca Juga  Aplikasi Meeting Online dengan Kualitas Paling Memuaskan

Bagaimana Cara Download Google Meet di Laptop?

Untuk mendownload aplikasi ini pada laptop sebenarnya sangat mudah, namun kamu akan membutuhkan emulator Android Karena aplikasi ini tidak bisa langsung diinstal pada Windows maupun iOs.

Emulator Android sendiri memiliki cukup banyak varian namun yang recommended di gunakan adalah bluestack. Hal tersebut karena bluestack memiliki ukuran yang tidak terlalu besar bahkan kurang lebih hanya 500 MB dan bisa didownload secara gratis.

Jadi langkah awal adalah kamu diminta mendownload bluestack pada laptop atau PC di alamat https://www.bluestacks.com/id/index.html kamu dia setelah mendownload kamu bisa menginstalnya, dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Setelah download bluestack selesai dan kamu juga sudah melakukan penginstalan, maka jalankan aplikasi emulator bluestack
  2. Pilih menu utama, kemudian pilih library > Google play store
  3. Kamu perlu login terlebih dahulu kemudian cari Google Meet pada pencarian aplikasi setelah itu klik install
Baca Juga  Cara Mengaktifkan Filter di Google Meet, Ada yang Baru

Namun ingat bahwa kamu tidak bisa menjalankannya tanpa menjalankan emulator bluestack. Sebenarnya kamu juga bisa membuka aplikasi ini tanpa harus men-downloadnya dengan browser seperti Chrome, Mozilla Firefox atau opera.

Nantinya kamu hanya perlu masuk ke alamat https://Meet.Google.com/ kemudian login pada akun Google. Jadi kamu bisa memilih cara download Google Meet di laptop atau mengunjungi alamat tersebut.