beda Google Drive dan OneDrive
beda Google Drive dan OneDrive

Beda Google Drive dan OneDrive, Pilih Mana?

Sering penasaran mengenai beda Google Drive dan OneDrive, kamu berada diartikel yang tepat. Saat ini memang banyak orang yang mengandalkannya untuk digunakan saat bekerja sebagai sistem penyimpanan.

Secara umum, pasti kamu pun tahu bahwa Google Drive memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar jika dibandingkan OneDrive, namun meski begitu OneDrive juga memiliki banyak kelebihan sehingga tetap saja layak dipertimbangkan.

Nah, agar tidak kebingungan memilih tempat mana yang digunakan untuk menyimpan data yang kamu miliki, ketahui dulu apa saja perbedaan keduanya. Supaya nantinya kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Keduanya sama-sama memiliki layanan serupa namun hingga saat ini masih ada beberapa orang yang tidak mengenali keduanya atau tidak bisa membedakannya. Bahkan beberapa orang asal pakai saja

Seputar Google Drive yang Perlu Kamu Tahu

Google Drive adalah layanan yang menyimpan data secara online yang dibuat oleh Google pada 24 April 2012. Layanan ini membuat pemiliknya bisa menyimpan data hingga 15 GB secara gratis.

Jika kamu menginginkan penyimpanan lebih dari 15 GB atau meningkatkan jumlah dari biasanya, maka harus membayar sesuai dengan nominal yang sudah ditetapkan dan sesuai dengan penggunaannya.

Layanan ini juga sudah didukung oleh Google documents sehingga kamu bisa mengelola berbagai dokumen dengan mudah. Bahkan sudah dilengkapi Google foto sehingga kamu bisa edit foto, sinkronisasi, menganalisa wajah dan membagikan galeri foto.

Lalu, Apa Beda Google Drive dan OneDrive?

Jika Google Drive adalah layanan resmi dari Google maka oneDrive adalah nama resmi dari Microsoft OneDrive. Sebelumnya nama layanan tersebut adalah skydrive, dibuat oleh Microsoft sebagai layanan dari windows live.

Sistem penyimpanan dari Microsoft ini dirilis pada tahun 2014 di mana memberikan penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Besar kapasitas tersebut tentu kalah jauh dengan Google Drive mencapai 15 GB.

Untuk OneDrive sendiri ada aplikasi pendukung yaitu paket office 365, meliputi MS word, Exo, PowerPoint, one note, Outlook dan lainnya. Fitur yang disediakan juga beragam diantaranya seperti tata letak dapat diubah-ubah, template menarik dan lain-lain.

Aplikasi ini bahkan juga mendukung upload foto dan video, file backup dari ponsel, mengirimkan link atau file. Meskipun besutan dari Microsoft namun OneDrive juga mendukung pada gadget berbasis inos ataupun Android.

Pilih Mana, Google Drive atau OneDrive?

Sebenarnya semua pilihan tergantung pada kebutuhanmu karena keduanya memiliki nilai plus yang berbeda. Pada intinya Google Drive didukung oleh Google dokumen sedangkan Wandra didukung oleh office 365.

Google Drive memberikan satu kapasitas yang dapat menguntungkan yaitu tambahan penyimpanan sebesar 15 GB sedangkan Wandra hanya sebesar 5 GB. Jadi bisa disesuaikan dengan tujuan kamu, jika sering melakukan pencarian di Google maka tidak ada salahnya menggunakan Google Drive.

Atau kamu bisa menggunakan keduanya, karena kedua layanan ini membuat para pengguna bisa mengakses data yang disimpan dengan mudah. Meskipun hingga saat ini masih banyak orang yang belum tahu beda Google Drive dan OneDrive.