tips email marketing
tips email marketing

Tips Email Marketing Supaya Hasilnya Sesuai Harapan

Ada beberapa tips email marketing yang perlu diperhatikan. Tentu keberadaan tips ini sangat penting. Email marketing terkenal sebagai salah satu cara terbaik dalam melakukan pemasaran. Namun jika ingin efektivitasnya tinggi, seseorang tidak boleh asal.

Itu karena, email marketing bisa tidak berefek apabila cara yang dilakukan salah. Ada beberapa kemungkinan buruk yang akan dialami ketika teknik email marketing yang dilakukan salah.

Kemungkinan buruk pertama berhubungan dengan email yang tidak dibuka. Perlu diingat bahwa satu alamat email sering dikirimi penawaran beberapa produk. Jika kurang tepat dalam mempertimbangkan poin ini, bukan tidak mungkin pemilik email akan malas membukanya.

Tips Email Marketing Kualitas Terbaik

Ada beberapa tips dalam email marketing yang perlu diperhatikan. Beberapa tips ini sudah terbukti efektif. Banyak orang sudah mencobanya dan terbukti sukses dalam berbisnis. Oleh sebab itu, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Baca Juga  Cara Membuat Akun Facebook Ads Lengkap Bagi Pemula

Kenali Target

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali target. Email marketing tidak hanya berbicara tentang memiliki banyak alamat email dan menawarinya sebuah produk.

Perlu diperhatikan juga apakah produk tersebut bisa diterima konsumen atau tidak. Jika produk yang akan dijual sudah ditentukan, selektif dalam mencari alamat email perlu dilakukan.

Pastikan alamat email tersebut memang sesuai dengan target pasar. Jika tidak sesuai, jauh lebih tepat jika mencari email lain.

Hal berbeda akan terasa jika produknya belum ditentukan. Kamu bisa melakukan survei kecil dan melihat kebutuhan pemilik alamat email. Nantinya produk bisa disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

Baca Juga  Teknik Marketing Online dengan Efektivitas Paling Tinggi

Segmentasi

Jangan lupa juga untuk memerhatikan segmentasi. Segmentasi ini penting ketika pemasaran sudah dilakukan. Dalam melakukan segmentasi, pisahkan konsumen yang memberikan respons positif dan konsumen yang memberikan respons negatif.

Pada konsumen yang memberikan respons positif, jalinlah komunikasi secara intens. Komunikasi tersebut tidak harus selalu berisi penawaran. Komunikasi yang berisi obrolan ringan bisa dilakukan. Ini membuat kedekatan personal dengan pemilik email akan terbangun.

Waspada Spam

Waspada terhadap folder spam juga penting dalam tips email marketing. Ketika email penawaran masuk ke folder spam, kemungkinan penawaran tersebut dibuka menjadi sangat kecil.

Untuk menghindari folder spam, pastikan alamat email didapatkan dengan cara benar. Intinya, pastikan pemilik tahu bahwa kamu memiliki alamat emailnya.

Menggunakan fitur subscribe di website bisa dilakukan. Nantinya pemilik email akan mengetahui setiap ada informasi baru yang muncul.

Baca Juga  Kelebihan Instagram Ads Ini Akan Membuat Kamu Sukses

Judul

Ketika sebuah email dikirim, konsumen tidak akan langsung membaca seluruhnya. Sebelum membaca email, judul akan dilihat terlebih dahulu. Judul inilah yang akan menentukan apakah email dibuka atau tidak.

Jika judulnya saja tidak menarik, kemungkinan sukses dengan email marketing menjadi semakin kecil. Buatlah judul dengan se menarik mungkin. Untuk hasil maksimal, menyewa jasa copywriter juga bisa dilakukan.

Email marketing terbukti efektif ketika digunakan. Perlu diketahui, email marketing adalah teknik pemasaran yang sudah populer sebelum sosial media dan SEO muncul.

Namun hingga sekarang, popularitas cara ini nampak stabil. Oleh sebab itu, manfaatkan dengan sebaik mungkin dan pahamilah tips email marketing di atas.