tips membuat giveaway di sosmed
tips membuat giveaway di sosmed

Tips Membuat Giveaway di Sosmed untuk Kelangsungan Usaha

Ada beberapa tips membuat giveaway di sosmed. Sekarang giveaway sendiri menjadi cara terbaik untuk melakukan pemasaran. Dengan giveaway, seluruh konsumen akan tertarik tanpa terkecuali. Memang mengeluarkan giveaway membutuhkan biaya.

Namun jika profit yang didapat lebih tinggi, memilih cara ini bukanlah kesalahan. Namun ingat bahwa giveaway membutuhkan modal. Jika sampai hasilnya tidak memuaskan, modal tersebut akan terbuang percuma.

Ini jelas menjadi hal yang merugikan. Jauh lebih tepat jika modal tersebut nantinya digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Sudah banyak orang yang sukses ketika mencoba giveaway. Namun banyak juga orang yang gagal ketika mencobanya.

Tips Membuat Giveaway di Sosmed

Sebenarnya tips membuat giveaway tidak sulit. Setiap orang pasti bisa memahami tips ini dengan baik. Namun masalahnya, kebanyakan orang seperti tidak memiliki keinginan untuk belajar. Tentu cara ini hanya akan dipahami oleh mereka yang mau sedikit belajar.

Hadiah

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika membuat giveaway adalah menentukan hadiah. Hadiah ini perlu disesuaikan dengan target pasar.

Jika target pasarnya pemuda, pilihlah hadiah yang kekinian. Sebaliknya, buatlah hadiah yang lebih klasik jika pemilik produk tersebut adalah mereka dengan usia yang lebih tua.

Dalam pemilihan hadiah, jangan lupakan juga keberadaan branding. Akan lebih baik jika logo usaha dimasukkan pada hadiah tersebut. ini membuat orang yang menggunakannya akan selalu tersadar.

Syarat

Tips membuat giveaway di sosmed selanjutnya berhubungan dengan syarat. Pikirkanlah syarat mengikuti giveaway dengan tujuan pemasaran yang ingin diraih.

Misal tujuan pemasarannya adalah untuk meningkatkan traffic web. Jika tujuan pemasarannya seperti itu, wajibkanlah pendaftar untuk menemukan sesuatu yang menarik di situs kamu.

Sebenarnya bisa juga dengan memberi syarat pendaftar harus mengikuti sosmed kamu. Ini membuat branding bisa menjadi semakin baik.

Target

Jangan lupa juga untuk menentukan target dari giveaway tersebut. jangan buat target yang umum. Buatlah target dengan detail yang spesifik.

Namun pastikan juga target tersebut realistis. Bukan keputusan tepat jika target tersebut tidak masuk akal. Hal tersebut membuat kemungkinan tercapainya semakin kecil dan juga meningkatkan kemungkinan kecewa.

Kerja Sama

Bekerja sama dengan pemilik usaha lain juga bisa dilakukan. ini membuat jangkauan dari giveaway tersebut semakin luas. Namun pastikan pihak lain tersebut memiliki target pasar yang sesuai.

Sebenarnya kamu juga bisa bekerja sama dengan seorang influencer. Hal tersebut membuat giveaway yang dilakukan terasa lebih mapan.

Hashtag

Jangan lupa juga untuk membuat hashtag. Beberapa orang memang sering meremehkan hashtag. Padahal keberadaannya begitu penting. Beberapa orang bahwa mengikuti hashtag tertentu di sosial medianya.

Dengan keberadaan hashtag, giveaway yang dilakukan akan semakin populer. Kemungkinan giveaway tersebut sampai ke target pasar akan terus membesar.

Pastikan untuk tidak asal dalam melakukan giveaway. Akan lebih baik jika sedikit belajar dan meraih hasil maksimal. Lagi pula, mempelajari tips membuat giveaway di sosmed bukanlah sesuatu yang sulit.