4 Cara Agar Anak Tumbuh jadi Pintar dan Berprestasi

1. Biasakan anak untuk membaca

Membaca merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat diterapkan kepada anak. Selain hemat biaya, membaca juga menjadi cara yang efektif untuk membuat anak menjadi pintar karena buku menjadi sumber informasi yang dapat memberikan banyak wawasan kepada anak.

2. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk anak belajar

Belajar tidak hanya dapat dilakukan di sekolah, melainkan di rumah pun anak bisa melakukan kegiatan belajar. Untuk menunjang aktivitas belajar anak orang tua perlu untuk menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan kondusif bagi anak untuk belajar.

3. Beri asupan yang sehat dan bergizi

Saat ini orangtua memiliki jadwal yang padat terutama dalam hal pekerjaan. Hal ini membuat orangtua jarang membuatkan sarapan yang sehat untuk anaknya, sering kali anak diberi asupan makanan cepat saji yang tidak memiliki nutrisi baik untuk anak.

4. Bantu anak latihan otak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas dan berprestasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak cerdas dan berprestasi adalah dengan melakukan latihan otak pada anak. Sama seperti aktivitas lainnya yang dilakukan untuk meningkatkan stamina, latihan otak dapat merangsang energi yang memicu otak untuk berpikir.

Otak setiap anak dapat menyerap segala informasi yang diterimanya, sehingga orangtua perlu untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan usia anak untuk meningkatkan kecerdasan dan menggali bakat sang anak. Latihan otak dapat dilakukan sambil bermain, permainan yang bisa dicoba untuk melatih otak anak adalah permainan papan balok, teka-teki, dan catur.