Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Bootloop Tanpa Menggunakan PC

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel Xiaomi Redmi bootloop. Bootloop merupakan salah satu jenis kerusakan yang harus Anda waspadai. Sebab, ponsel yang mengalami bootloop tidak dapat digunakan karena tidak dapat masuk ke bagian menu home screen.

Untuk itu, Anda disarankan untuk segera melakukan langkah service agar dapat digunakan kembali. Umumnya, ponsel Xiaomi yang mengalami bootloop ini harus di flash ulang dengan bantuan PC desktop. Kini, Anda dapat memperbaiki smartphone yang mengalami bootloop tanpa bantuan PC desktop.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba memperbaiki Xiaomi Redmi yang menunjukkan gejala bootloop secara mandiri di rumah. Akan tetapi, masalah bootloop ini harus ditangani oleh seseorang yang berpengalaman.

Jika tidak, bisa jadi Xiaomi milik Anda mengalami bootloop parah hingga mati total. Alhasil, Anda harus membongkar mesin smartphone jika ponsel Anda mengalami kerusakan parah berupa mati total.

Jenis-Jenis Bootloop pada Ponsel Xiaomi Tipe Redmi

Beberapa pengguna Xiaomi tentu belum paham betul tentang masalah bootloop. Ada beberapa jenis kerusakan Xiaomi Redmi bootloop. Tercatat, ada 3 tipe kerusakan yang diakibatkan oleh bootloop.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Followers Instagram dengan Cepat

Jenis pertama adalah bootloop ringan. Smartphone Xiaomi yang mengalami bootloop ringan ini masih bisa menyala dan masuk ke menu home screen. Hanya saja, smartphone akan masuk ke mode restart secara tiba-tiba.

Hal tersebut menandakan bahwa ponsel Xiaomi Anda mengalami bootloop ringan. Jenis kedua adalah bootloop sedang.

Smartphone Xiaomi yang mengalami bootloop ringan ini tidak dapat masuk ke menu home screen. Layar ponsel hanya menunjukkan logo Xiaomi atau stuck logo. Namun, Anda bisa masuk ke menu recovery data.

Dan jenis Xiaomi Redmi bootloop yang terakhir adalah mati total. Jika Xiaomi mengalami mati total, maka Anda tidak dapat masuk ke menu home screen dan hanya memunculkan logo Xiaomi saja.

Selain itu, Anda juga tidak dapat masuk ke menu recovery data. Setelah mengetahui jenis bootloop, maka segera lakukan langkah solutif untuk mengatasi masalah bootloop dengan cepat tanpa bantuan PC desktop.

Cara Mengatasi Ponsel Xiaomi Redmi Bootloop Tanpa Bantuan PC Desktop

Jika ponsel Xiaomi Anda menunjukkan gejala bootloop, maka segera lakukan langkah pengecekan dan perbaikan. Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya secara mandiri terlebih dahulu, sebelum membawa ke service center terdekat.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Samsung A21s RAM 6 GB

Untuk itu, ini dia cara mengatasi ponsel Xiaomi yang mengalami bootloop ringan, sedang, hingga berat tanpa bantuan PC desktop. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Factory Reset

Cara pertama untuk mengatasi ponsel Xiaomi bootloop adalah melakukan reset pabrik atau factory reset. Langkat pertama, silahkan tekan tombol volume (+) dan tombol power secara bersamaan.

Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog recovery mode. Gunakan tombol volume (+) dan (-) untuk memilih menu yang ada pada kotak dialog tersebut. Silahkan pilih menu “wipe data”.

Tunggu beberapa saat hingga proses factory reset selesai. Setelah itu, ponsel akan kembali ke setelan pabrik. Silahkan atur kembali smartphone Xiaomi yang telah di reset pabrik.

  1. TWRP

Cara kedua adalah menggunakan TWRP. TWRP atau Team Win Recovery Project adalah custom recovery yang berguna untuk mengatasi ponsel xiaomi Redmi bootloop.

Untuk dapat menggunakannya, maka tekan tekan tombol volume (+) dan tombol power. Sebelum menggunakannya, pastikan kondisi baterai diatas 50% agar proses mereset HP tidak mengalami kegagalan.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Filter di Google Meet, Ada yang Baru

Setelah itu, masuk ke menu wipe. Centang semua kolom tersebut. Kemudian geser tombol “Swipe to Wipe”. Tunggu beberapa saat hingga proses penyetelan pabrik selesai.

Tips Jitu Agar Ponsel Xiaomi Tidak Mengalami Bootloop

Setelah Xiaomi Anda normal kembali, maka ada beberapa tips jitu agar ponsel tidak mengalami bootloop. Tips pertama, selalu bersihkan cache atau sampah secara berkala. Tips kedua, jangan pernah menginstall aplikasi selain dari Google Play Store.

Sebab, aplikasi selain dari Google Play Store bisa saja membawa virus berbahaya. Tips ketiga, jangan pernah memaksa ponsel untuk mendownload aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Apabila tetap memaksakan ponsel untuk mendownload aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel, maka bisa saja mobile smartphone Anda akan mengalami bootloop kembali.

Booltop menjadi salah satu jenis kerusakan yang sering dialami oleh pengguna smartphone Xiaomi. Kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kesalahan penggunaan. Untuk mengatasinya, ada 2 cara yakni dengan factory reset atau menggunakan TWRP agar ponsel Xiaomi Redmi bootloop dapat kembali normal.