Inilah Cara Unlock Bootloader Xiaomi, Dijamin 100% Berhasil!

Unlock bootloader Xiaomi ini digunakan oleh para developer untuk mengoprek atau memasang aplikasi yang tidak tersedia pada Google Play Store. Sebab, Xiaomi membekali ponsel yang dirilis dengan sistem keamanan berupa bootloader.

Ketika ponsel Anda hilang, maka fitur tersebut dapat membantu Anda untuk menemukannya kembali. Hanya saja, bootloader tersebut “menghalangi” pada developer untuk mengembangkan sistem operasi smartphone berbasis Android dari Xiaomi.

Untuk itu, para pengembang harus paham betul bagaimana cara membuka kunci bootloader. Rata-rata, developer pemula ini mengalami gagal buka kunci bootloader karena tidak mengetahui caranya.

Syarat-Syarat untuk Membuka Kunci Bootloader Xiaomi

Salah satu faktor gagal buka kunci bootloader ini disebabkan karena Anda tidak memenuhi persyaratan. Developer pemula tentu belum tahu betul apa saja persyaratan untuk membuka kunci bootloader.

Agar tidak menemui kegagalan kembali, maka ini dia daftar persyaratan buka kunci bootloader untuk semua tipe ponsel pintar Xiaomi. Syarat pertama, Anda wajib memiliki akun MI yang aktif setidaknya 3 hari sebelum melakukan unlock bootloader Xiaomi.

Syarat kedua, menyediakan kabel USB original atau yang memiliki kualitas sama persis dengan aslinya. Syarat ketiga, silahkan mendownload aplikasi Mi Unlock Tools pada PC desktop atau laptop. Dan Syarat terakhir adalah mendownload ADB and Fastboot untuk menyambungkan smartphone dengan PC desktop atau laptop.

Baca Juga  Ini Dia Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Ponsel Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi untuk Semua Tipe

Setelah mengetahui persyaratannya, maka Anda bisa langsung mencoba untuk membuka kunci bootloader secara mandiri di rumah. Meskipun cara ini dijamin berhasil 100%, namun tingkat keberhasilannya juga bergantung pada jenis device pendukung seperti PC desktop atau laptop yang digunakan.

Maka, pastikan device pendukung yang Anda gunakan kompatibel dengan software guna membuka kunci bootloader. Untuk itu, ini dia cara unlock bootloader Xiaomi untuk semua tipe. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Aktifkan Fitur Buka Kunci OEM dan USB Debugging Terlebih Dahulu

Langkah pertama, silahkan mengaktifkan fitur Buka Kunci OEM dan USB debugging terlebih dahulu. Fitur ini tersedia pada menu opsi pengembang yang terdapat pada pengaturan ponsel Xiaomi.

  1. Install Mi Unlock Tools

Langkah kedua, aktifkan software Mi Unlock Tools yang telah Anda download sebelumnya. Pastikan terlebih dahulu apakah PC desktop atau laptop yang digunakan sebagai media buka kunci bootloader Xiaomi ini kompatibel dengan software tersebut.

  1. Jalankan Menu Mi Flash Unlock
Baca Juga  Cara Mengatasi Lupa Password Instagram, Mudah Dilakukan

Langkah ketiga, pilih menu Mi Flash Unlock. Kemudian, silahkan masukkan akun Mi Anda. Pastikan username dan password sesuai dengan akun Mi Anda. Apabila lupa password Mi Account, maka setel ulang kata sandi terlebih dahulu.

  1. Menyambungkan Ponsel ke PC Desktop atau Laptop

Langkah keempat, silahkan menyambungkan ponsel Xiaomi ke PC desktop atau Laptop. Pastikan ponsel telah masuk ke mode fastboot. Untuk dapat masuk ke mode fastboot, silahkan tekan tombol volume (-) dan tombol power hingga muncul tulisan “Fastboot”

  1. Klik Tombol Unlock

Dan terakhir, tekan tombol unlock untuk membuka kunci bootloader Xiaomi. Cara ini dijamin 100% berhasil jika mengikuti semua langkah-langkah sesuai dengan prosedurnya.

Ini Dia Beberapa Risiko Melakukan Unlock Bootloader Xiaomi

Sebelum melakukan oprek smartphone, ada beberapa risiko yang harus Anda ketahui setelah membuka kunci bootloader. Memang, seseorang harus sadar akan risiko ketika melakukan pengembangan sistem operasi Android pada ponsel pribadi miliknya.

Baca Juga  Mengenal Jenis Hardware Komputer dan Fungsinya Masing-Masing

Risiko pertama, sistem keamanan ponsel akan berkurang karena bootloader ponsel ini bertujuan untuk mengunci data-data Anda dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan membuka kunci bootloader, sama halnya Anda membuka peluang seseorang untuk mencuri data pribadi yang tersimpan pada ponsel. Risiko kedua, bisa saja ponsel Anda mengalami bootloop ketika melakukan unlock bootloader Xiaomi.

Sebab, gagalnya proses buka kunci bootloader akan menyebabkan ponsel mengalami stuck logo hingga berakhir bootloop. Apabila ponsel mengalami bootloop, segera lakukan flashing ulang atau factory reset.

Risiko ketiga, Anda tidak dapat melakukan klaim garansi ke service center resmi Xiaomi apabila kunci bootloader telah terbuka. Sebab, service center resmi Xiaomi hanya menerima klaim garansi ponsel yang belum dikembangkan oleh pemiliknya.

Agar proses pengembangan sistem operasi ponsel pintar berbasis android dapat berjalan lancar, maka Anda harus membuka kunci bootloader terlebih dahulu. Membuka kunci bootloader Xiaomi ini sangat mudah. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui sebelum melakukan unlock bootloader Xiaomi.