Dampak Sosial Media Bagi Para Remaja yang Harus Anda Tahu

Dampak sosial media begitu besar terhadap kehidupan para remaja. Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, kehidupan para remaja tidak bisa dilepaskan dari sosial media. Sosial media akan akan telah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan yang dilakukan pertama kali setelah bangun tidur biasanya adalah membuka sosial media. Bermain sosial media memang benar-benar membuat banyak orang lupa waktu. Tersebut dikarenakan kegiatan berselancar Di sosial media memang sangat menyenangkan.

Anda dapat melihat berbagi informasi menarik dan juga hal-hal lucu di belahan dunia lainnya. Salah satu yang menjadi alasan banyak orang menggunakan adalah dapat terhubung dengan rekan atau saudara.

Sehingga dapat memantau atau mengetahui Aktivitas apa saja yang sedang dilakukan. Tetapi sebenarnya melihat kegiatan orang lain itu dapat memberikan dampak buruk maupun dampak baik.

Melihat postingan orang yang sukses atau senang dapat berdampak pada kesehatan mental. Hal tersebut terjadi karena, membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain. Ketika apa yang telah dicapai, kalah dari orang lain tentunya dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan mental.

Baca Juga  Manfaat Teknologi 5G yang Sudah Mulai Masuk Indonesia

Untuk itu itu Anda harus bijak, dalam menggunakan sosial media. Sebenarnya ketika digunakan dengan bijak, ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan.

Dampak Sosial Media Terhadap Kehidupan Remaja

Tidak bisa dipungkiri jika sosial media memberikan peranan besar terhadap pola hidup remaja saat ini. Hampir setiap remaja memiliki sosial media. Bahkan jumlahnya mungkin lebih dari satu akun. Terdapat berbagai pengaruh buruk sosial media, jika digunakan tidak dengan semestinya:

Ketika melihat postingan orang lain yang memperoleh kesuksesan atau kebahagiaan terkadang membuat seseorang menjadi iri hati. Apalagi jika merasa diri sendiri belum bisa apa-apa. Setiap melihat postingan Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya, biasanya selalu ada saja postingan orang lain yang membuat iri.

Dampak sosial media yang sering timbul selanjutnya yaitu adalah merasa tidak percaya diri. Tapi ketika teman-teman sebaya atau orang lain yang sukses, terkadang membuat diri sendiri malu. Karena merasa belum bisa seperti teman-teman lainnya.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Akun Instagram Diblokir, Tidak Ribet

Ketika menggunakan sosial media, biasanya keinginan untuk tampil sempurna. Hal-hal tersebut wajar karena sebagai seorang remaja biasanya ingin menunjukkan kemampuannya. Tetapi hal tersebut dapat menimbulkan perasaan tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapai.

Terkadang menggunakan sosial media juga dapat menimbulkan perasaan cemas. Perasaan cemas ditandai dengan rasa khawatir, bingung atau gelisah setelah melihat postingan pada media sosial. Dampak sosial media yang buruk seperti ini harus bisa Anda hindari.

Menghindari dampak buruk sosial media adalah hal yang wajib dilakukan. Jika hal ini dibiarkan tentu dapat menjadi masalah besar suatu saat nanti. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari dampak buruk dari sosial media:

1. Menahan diri untuk membuka sosial media terlalu sering

Salah satu cara untuk menghindari dampak sosial media yang buruk adalah dengan menahan diri untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Memang sulit untuk dilakukan, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Baca Juga  Tips Menjaga Keamanan Akun Instagram dari Ancaman Hacker

2. Mencari kesibukan lain

Salah Satu penyebab terlalu sering membuka media sosial adalah karena tidak ada kegiatan lain yang lebih menyenangkan. Jadi solusinya adalah Anda bisa mencari kegiatan lain yang menyenangkan dan juga bermanfaat. Seperti saja Misalnya berolahraga bersama teman-teman, ataupun kegiatan-kegiatan lain sesuai dengan keinginan Anda.

3. Matikan notifikasi

Walaupun terlihat sederhana, hal ini cukup memberikan dampak terhadap aktivitas Anda dalam membuka sosial media. Jika tidak ada notifikasi cenderung tidak membuka ponsel secara terus-menerus.

4. Melakukan uninstall

Cara-cara sebelumnya dirasa tidak mempan, maka cara terakhir ini mungkin cukup ampuh untuk mengurangi penggunaan media sosial. Anda dapat melakukan uninstall terhadap aplikasi media sosial yang Anda gunakan.

Sebagai seorang remaja sudah seharusnya mampu mengendalikan diri dengan baik dalam menggunakan media sosial. Ada banyak hal lain yang lebih bermanfaat untuk dilakukan. Sebenarnya media sosial banyak sekali manfaatnya jika digunakan secara tepat.

Akan tetapi banyak remaja yang tidak bisa menggunakan media sosial secara bijak. Sehingga dampak sosial media yang buruk banyak menghinggapi para remaja.