Investasi Jangka Panjang dan Jenisnya yang Paling Populer

Jenis dari Investasi Jangka Panjang

Investasi ini memiliki nilai yang selalu meningkat secara stabil dalam jangka waktu lama. Serta, penurunan harganya tidak signifikan bahkan sangat kecil sekali. Pada beberapa jenis investasi ini, justru tidak ada penurunan harga.

Hal ini berbeda dengan investasi jangka pendek. Sebab, dalam investasi ini kenaikannya sangat signifikan. Namun, penurunannya juga akan sangat anjlok dalam waktu singkat.

Manfaat yang paling dirasakan dari investasi untuk jangka waktu lama adalah bertambahnya aset kekayaan. Tanpa Anda sadari dengan berinvestasi dalam jangka panjang, aset kekayaan akan semakin bertambah.

Baca Juga  Mengenal Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor Pemula

Bahkan dalam jenis investasi tertentu, Anda tidak perlu khawatir akan dampak inflasi keuangan yang selalu menghantui investor. Beberapa aset memiliki nilai stabil meski terjadi inflasi.

Oleh sebab itu, Anda harus mengenal jenis investasi jangka panjang agar dapat menentukan pilihan yang tepat saat akan mulai berinvestasi.

Investasi Emas

Emas sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai alat investasi dengan jangka panjang paling stabil. Alasannya adalah harga emas setiap tahunnya akan mengalami kenaikan, bahkan tidak pernah ada penurunan signifikan setiap tahunnya.

Baca Juga  Melakukan Diversifikasi Aset Kripto untuk Mengurangi Risiko

Selain itu, emas bukan material yang mudah rusak seperti halnya valuta asing. Sehingga, Anda bisa menyimpannya dalam waktu lama tanpa perlu perawatan khusus.

Anda bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan dari toko-toko emas. Atau, jika ingin mengoleksi emas murni 24 karat, Anda bisa membeli emas batangan.

Harga jual emas batangan jauh lebih tinggi, jika dibandingkan harga emas perhiasan. Oleh sebab itu, kebanyakan investor emas lebih memilih emas batangan untuk investasi jangka panjang.

Investasi Saham Bluechip

Saham bluechip merupakan bentuk investasi yang paling disarankan untuk investor pemula. Bluechip sendiri merupakan perusahaan unggulan dengan reputasi baik.

Baca Juga  Langkah Menghindari Sifat FOMO Dalam Dunia Mata Uang Krypto

Semua perusahaan bluechip memiliki pendapatan tahunan yang stabil dan keuntungan cukup besar. Sehingga, risiko mengalami kerugian juga akan semakin kecil.

Perusahaan bluechip memiliki banyak investor yang berlomba menanamkan modal di dalamnya. Sehingga, deviden yang akan Anda peroleh juga nilainya tidak akan begitu besar.

Namun, investasi saham bluechip ini sangat cocok untuk digunakan dalam penanaman modal jangka panjang. Setidaknya selama 10 tahun aset Anda akan bertambah lebih banyak dengan kenaikan yang stabil.