Saham Blue Chips dan Karakteristik yang Harus Dimilikinya

Saham blue chips digadang-gadang sebagai bentuk investasi saham paling aman di dunia. Memiliki risiko rendah dan cocok bagi pemula yang baru belajar mengenai saham dan investasi.

Perusahaan pemilik blue chip adalah yang bereputasi baik, manajemen sehat, dan pendapatan stabil. Selain itu, perusahaan ini akan tetap menguntungkan investor meski keadaannya sedang buruk.

Baca Juga  Langkah Menghindari Sifat FOMO Dalam Dunia Mata Uang Krypto

Karena tingkat kestabilannya, saham ini sangat bagus untuk investasi jangka panjang atau long term investment. Saham ini juga dikenal sebagai saham lapis satu dengan cangkupan pasar mencapai nilai 10 triliun.

Fakta menarik di balik penamaan blue chip sebenarnya diambil dari istilah dalam perjudian di casino. Blue chip merupakan chip dengan nilai tertinggi jika ditukarkan dalam bentuk uang.

Baca Juga  Mengenal Keuntungan Investasi Reksadana Bagi Investor Pemula

Karakteristik dari Saham Blue Chips

Saham ini juga dikenal dengan istilah Big Caps atau saham unggulan yang mampu menggerakkan indeks harga saham gabungan (IHSG). Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan pemilik blue chips.

Setiap ada lelang saham, pasti para investor selalu berebut membelinya. Bukan tanpa alasan, mereka ingin bermain aman dengan mengambil saham unggulan yang minim risiko. Selain itu, saham ini sudah diawasi oleh OJK.

Baca Juga  Kelebihan Aplikasi Tokocrypto Membuatnya Layak Dijadikan Pilihan

Berbeda dengan saham lainnya, Big Caps memiliki karakteristik khas. Karakteristik ini dibagi menjadi empat, sebagai berikut.