Waktu Tepat Membeli Emas Diprediksi Mencapai Rp 1,4 Juta

Banyak investor mulai mempertimbangkan waktu tepat membeli emas mengingat harganya terus mengalami penurunan. Jika Anda ingin menjual emas sekarang sebaiknya tahan dulu karena harganya masih sangat rendah.

Emas merupakan salah satu investasi yang banyak diminati karena dinilai cukup mudah dan aman untuk jangka panjang. Tidak perlu banyak biaya untuk bisa investasi karena Anda cukup melakukan pembelian saja.

Bahkan transaksi emas dianggap paling cepat karena dapat membeli sekarang juga dan proses penjualannya sangat sederhana. Kapanpun Anda ingin menjualnya sudah pasti bisa langsung mendapatkan uang saat itu juga.

Tidak heran jika emas menjadi pilihan masyarakat dari berbagai kalangan sebagai salah satu instrumen investasi. Menariknya harga emas terus mengalami penurunan namun proyeksi di akhir tahun terjadi kenaikan mencapai 60%.

Harga Emas Diprediksi Mengalami Kenaikan Sampai Rp 1,4 Juta

Putera Satria Sambijantoro, Ekonom Bahana Sekuritas memproyeksi jika harga emas batangan Antam akan mengalami kenaikan. Harga per gramnya bisa mencapai Rp 1,3 juta sampai Rp 1,4 juta di akhir 2021.

Jika melihat prediksi yang sangat menjanjikan ini, lantas kapan waktu tepat membeli emas? Simak dulu kenapa harga emas bisa diprediksi naik sehingga bisa melakukan analisa secara mandiri dulu.

Perlu dipahami, Satria juga memproyeksi jika harga emas juga akan mengalami koreksi lanjutan jangka pendek. Hal ini disebabkan rendahnya inflasi di Indonesia yang menyebabkan emas cenderung turun.

Belum lagi suku bunga obligasi terus mengalami kenaikan, menyebabkan real yield semakin menurun. Perlu dipahami real yield adalah imbal hasil dari obligasi yang dikurangi dengan inflasi saat ini.

Hal ini menjadi salah satu penyebab saat yield turun, harga emas juga cenderung mengalami penurunan. Apabila inflasi mampu diatas tingkat suku bunga maka harga emas juga akan semakin menguat.

Jadi perlu dipertimbangkan matang tentang waktu tepat membeli emas dengan melihat berbagai kondisi. Apalagi saat ini harga emas mengalami kenaikan dan penurunan yang signifikan sehingga mempengaruhi investasi.

Saat ini emas masih sangat tertekan karena tren suku bunga memang masih mengalami kenaikan. Namun kalau inflasi juga mulai naik maka perlahan emas akan mengikuti kenaikan tersebut.

Menurut Satria kemungkinan adanya inflasi di tahun 2021 masih sangat mungkin terjadi apalagi di akhir tahun. Hal ini karena gencarnya vaksinasi yang sangat ampuh menekan penyebaran virus corona di Indonesia.

Keadaan ekonomi Indonesia diperkirakan mulai membaik setelah vaksinasi dan aktivitas masyarakat kembali normal. Hal inilah membuat emas mengalami kenaikan sampai akhir tahun 2021 mencapai 50% – 60%.

Harga emas dunia diproyeksi mencapai $2.700 per troy ons dari $1.600 per troy saat ini. Koreksi cukup dalam membuat kenaikan sangat besar sehingga sebaiknya mulai pikirkan waktu yang tepat membeli emas.

Kapan Waktu Tepat Membeli Emas?

Prediksi emas akan berkilau di akhir tahun 2021 menjadi kabar membahagiakan bagi investor. Terus mengalami penurunan akhir-akhir ini tentu menjadi guncangan apakah akan terus bertahan ataukah malah menjualnya.

Per 31 Maret 2021 harga emas turun Rp 8.000 sehingga harganya saat ini berada pada level Rp 903.000 per gram. Proyeksi penurunan harga masih akan terus terjadi ke level terendah.

Pertanyaannya, apakah sekarang menjadi waktu tepat membeli emas ataukah menunggu naik dulu? Investasi emas memang diperlukan untuk mendiversifikan portofolio aset Anda ke berbagai instrumen investasi agar lebih aman.

Jika Anda ingin membeli emas saat ini merupakan waktu yang paling tepat karena harganya terus turun. Tidak ada salahnya menambah portofolio emas meskipun tidak terlalu banyak dari jumlah aset.

Pembelian emas saat ini sebagai langkah investasi tepat sekaligus mempersiapkan proyeksi kenaikan di akhir 2021. Anda bisa mendapatkan keuntungan karena membeli di harga yang sangat rendah sebelum akhirnya naik.

Tidak perlu ragu investasi emas meskipun saat ini harganya mengalami penurunan karena memang keadaan ekonomi di masa pandemi. Namun seiring pemulihan ekonomi maka harganya terus mengalami kenaikan.

Banyak investor yang mempertimbangkan memutuskan investasi saat ini namun membeli emas paling aman. Apalagi proyeksi di akhir tahun menjadi semangat untuk pulihnya ekonomi di Indonesia.

Emas menjadi instrumen investasi yang memiliki daya tarik cukup tinggi karena nilainya terus mengalami kenaikan. Saat ini adalah waktu tepat membeli emas karena sedang mengalami penurunan harga mencapai level rendah.