Panduan Memilih Android Berkualitas, Jangan Salah Langkah

Pilihan beragam di pasaran menyebabkan setiap orang memerlukan panduan memilih android berkualitas untuk memudahkan. Pada umumnya, kriteria pertimbangan didasarkan pada tipe, spesifikasi, serta range harga mulai dari termurah hingga mahal.

Memilih ponsel berharga cukup tinggi bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi para penggunanya karena kelengkapan fitur serta spesifikasi di dalamnya. Berbagai fitur dalam ponsel harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Sekarang tidak perlu khawatir kantong Anda kering, sebab sudah banyak tersedia pilihan ponsel murah namun tetap dibekali kualitas mumpuni. Anggaplah langkah ini membantu Anda menghemat pengeluaran untuk hal bermanfaat lainnya.

Panduan Memilih Android Berkualitas dengan Spesifikasi Tepat

Memilih ponsel membutuhkan sebuah pengamatan jeli serta pengetahuan akan dunia teknologi terkini. Sebab di luar sana banyak vendor handphone yang menawarkan harga murah dengan iming-iming fitur lengkap, padahal belum tentu.

Sangat wajar apabila calon pengguna merasa kebingungan akibat banyaknya ponsel dengan fitur serupa dan harga bersaing. Bahkan semakin susah membedakan satu sama lain hanya dari tampilan luarnya saja.

  1. Sesuaikan Kebutuhan Random Access Memory (RAM)

Sistem kerja smartphone adalah menggunakan prosesor sebagai otak sedangkan RAM berfungsi untuk ingatan. Tingkat besarnya suatu RAM menentukan kemampuannya membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan.

Bila ponsel Anda nanti diisi berbagai aplikasi berat, maka pemilihan RAM lebih tepat berada pada angka 3 GB ke atas. Trik sederhana ini akan berguna supaya kinerja handphone sesuai spesifikasinya.

  1. Perhatikan Ukuran Layar

Dalam perangkat yang memanfaatkan teknologi touch screen, kualitas layar sangat penting untuk diperhatikan. Apabila memilih smartphone berspesifikasi tinggi maka harus didukung dengan kualitas layar seimbang agar Anda bisa menikmati tampilannya.

Pilih layar berteknologi terbaru seperti IPS, Super Amoled, hingga TFT, sesuaikan saja dengan preferensi kenyamanan pengguna. Perhatikan kerapatan pixel (tingkat ppi), sebaiknya pilih kualitas ppi >300 serta resolusi paling tinggi.

  1. Prosesor

Jangan sembarangan memilih handphone tanpa mengetahui jenis prosesornya. Karena prosesor merupakan komponen penting utama atau otak yang menjalankan seluruh sistem dalam perangkat canggih portabel ini.

Pilih smatphone berprosesor berkualitas seperti Snapdargon, NVIDIA, hingga Exynos. Dalam proses penentuan CPU, lihatlah jumlah core yang ada. Semakin banyak core terkadang membuat kinerja ponsel meningkat.

  1. GPU

Fungsi Graphics Processing Unit yakni memproses segala data menjadi output grafis pada tampilan handphone Anda. Panduan memilih android berkualitas dengan GPU sesuai spesifikasi HP menjadikan tampilan layar lebih friendly.

Sediakan budget lebih bila ingin mendapatkan GPU berkinerja mantap seperti Adreno, Power VR, Mali, dan lain-lain. Sama seperti prosesor, GPU juga mempunyai core ganda untuk menunjang performanya.

  1. OS atau Operating System

Android memiliki sistem operasi (OS) yang bervariasi dan terus dikembangkan dari waktu ke waktu, penamaannya berdasarkan urutan alfabet. Perkembangan OS Android setiap waktunya disertai pembaruan fitur tambahan.

Terkadang beberapa aplikasi hanya mensupport beberapa jenis OS tertentu, sehingga mau tidak mau Anda perlu panduan memilih android berkualitas terupdate. Karena setiap sistem operasi memiliki kelemahan, kelebihan, serta fitur berbeda.

  1. Read Only Memory (ROM)

Penyimpanan internal atau ROM dalam sebuah android berfungsi menunjang kebutuhan Anda ketika menyimpan berbagai data multimedia seperti audio, video, maupun gambar. Semakin tinggi penyimpanan, semakin leluasa menyimpan data.

Pilih penyimpanan di atas 16 GB bila Anda terbiasa menyimpan banyak data multimedia, games, dan berbagai aplikasi. Jika budget terbatas, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan SD card sebagai penyimpanan eksternal.

  1. Kualitas Kamera dan Ketahanan Baterai

Bagi pecinta fotografi, smartphone adalah solusi alternatif selain kamera digital untuk melakukan aktivitas dokumentasi. Sesuaikan kebutuhan Anda ketika memilih jenis kamera, lebih digunakan seperti apa nantinya.

Untuk menentukan kualitas kamera, Anda bisa melihat spesifikasi di atas kertas atau mencoba sendiri untuk membuktikan hasil jepretannya. Bila diperlukan dalam menunjang fotografi lebih lanjut, pilihlah yang berfitur lengkap.

Sementara kapasitas baterai ideal yang disarankan adalah 2500 mAh atau di atasnya. Menggunakan baterai berteknologi Lipo dapat membantu mempertahankan ketahanannya ketika digunakan selama waktu tertentu.

Fitur tambahan sebagai pertimbangan adalah adanya NFC, WiFi, bluetooth, hingga share screen. Kembali sesuaikan dengan kebutuhan Anda, jangan sampai salah setelah mengetahui panduan memilih android berkualitas yang tepat.