Tips Mencadangkan Data Perangkat, Dijamin Anti Hilang

Mayoritas pengguna smartphone wajib mengetahui tips mencadangkan data supaya tetap aman ketika hendak berganti ke yang baru. Walaupun terkadang sudah tersedia fitur back up otomatis, beberapa file mungkin tidak terjaring.

Proses pencadangan berguna ketika Anda membutuhkan data dari masa lampau, tinggal mencari kata kunci yang tepat maka file lebih cepat ditemukan. Namun apa jadinya bila fitur otomatis jarang disinkronisasikan?

Kemudahan proses back up saat ini semakin memudahkan pengguna gadget, namun tidak jarang juga membuat Anda lupa melakukan pengecekan ulang. Sehingga data penting tidak tersimpan dengan baik.

Tips Mencadangkan Data dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencadangkan data dengan mudah, berikut cara yang dapat dilakukan:

  1. Mengecek Ulang Sinkronisasi

Sebelum melaksanakan proses back up, terlebih dahulu Anda harus bisa memastikan bahwa semua akun terhubung dengan cloud atau database. Pastikan status sinkronisasinya on supaya pencadangan berjalan lancar.

Caranya cukup akses pengaturan, kemudian pilih pengaturan akun, lalu klik akun utama Anda untuk menceklis dan memastikan semua data sudah disinkronisasi. Pada umumnya tampilan pengaturan setiap device berbeda.

Terkadang Anda perlu mengecek sinkronisasi secara berkala, karena bisa saja sedang off. Bila tidak menyala, tinggal ketik opsi sync now, data Anda sudah tersimpan dengan aman dan baik.

  1. Mencadangkan Data Multimedia

Umumnya di setiap device android sudah disupport dengan berbaga macam layanan Google, termasuk Google Photos. Semua data Anda yang memiliki format visual serta audio-visual secara otomatis masuk ke dalamnya.

Namun tetap pastikan dengan cara membuka ikon profil kemudian memeriksa sampai pencadangan berjalan sampai akhir. Apabila terdapat tulisan cadangan tidak aktif, maka Anda harus kembali melakukan sinkronisasi.

Tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan, karena di Google Photos biasanya disediakan unlimited space. Untuk tips mencadangkan data secara cepat, sebaiknya buang foto dan video tidak penting dari device.

  1. Back Up ke Flash Drive atau Memori Eksternal

Jika merasa bahwa back up melalui Google Photos kurang menjamin keamanan data, maka lakukan penyalinan melalui flash drive saja. Siapkan kabel adaptor sesuai tipe USB masing-masing atau sebuah memori eksternal.

Tinggal menghubungkan device android dengan flash drive untuk melakukan penyalinan secara cepat dan mudah. Lakukan proses copy-paste atau cut-paste secara berulang hingga semua data tersimpan dengan aman.

Terkadang tidak semua handphone memiliki fitur file explorer, sehingga pengguna kesusahan mengakses folder dalam perangkatnya. Cukup instal file explorer di PlayStore kemudian Anda dapat leluasa menjelajah.

  1. Menyalin Semua Informasi Kontak

Ketika membuat sebuah kontak baru atau event baru di kalender terkadang Anda menyimpannya di penyimpanan internal. Namun bila hendak berganti ke ponsel baru, pindahkan semua data ke cloud saja.

Sebelum melakukan reset data, pastikan kembali semuanya telah dicadangkan dengan benar. Lakukan pengecekan di memory card, internal ROM, atau di kartu SIM supaya tidak ada yang tertingal.

Pertama-tama bukalah aplikasi kontak di handphone Anda, biasanya nama dan tampilan ikon berbeda pada setiap tipe smartphone. Bila ada opsi memindahkan semua kontak ke akun Google, silahkan klik tombolnya.

  1. Back Up ke Personal Computer

Apabila Anda mempunyai komputer dengan ruang penyimpanan cukup besar, maka manfaatkanlah dengan baik. Siapkan kabel USB yang sesuai dengan tipe handphone masing-masing, kemudian pastikan sudah masuk mode MTP.

Berilah nama sebuah folder back up dari perangkat mobile atau buatkan satu partisi terpisah agar saat diakses tidak kebingungan mencarinya. Tips mencadangkan data terorganisasi akan memudahkan diri Anda sendiri.

  1. Menghapus Akun dan Menonaktifkan Perlindungan

Bila hendak menjual ponsel android kepada orang lain, sebelum itu lakukan log out dari semua akun yang berada di dalamnya. Jika diterapkan sebuah sandi, hapus pengaturan layar kunci agar memudahkan.

Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan melakukan reset pabrik sehingga android kembali ke format awal seperti baru. Sehingga setelah berpindah tangan, pengguna tidak pusing membuka kunci.

Keluar dari akun pribadi sangat penting dilakukan, hal ini untuk menjaga keamanan atau kebocoran data penting yang mungkin bisa disalahgunakan orang lain. Sehingga langkah tersebut harus diterapkan sebagai antisipasi.

Kemudahan mengakses dan membuat data juga memerlukan sebuah ketelitian seperti melakukan pengecekan ulang dan memastikan semuanya aman. Mengetahui tips mencadangkan data dengan aman adalah hal yang berguna.