Menggunakan Media Sosial secara Tepat, Hindarkan Kerugian

Menggunakan media sosial secara bijak dan beretika adalah hal yang penting dilakukan di era serba modern seperti sekarang. Globalisasi memungkinkan terhubungnya semua orang tanpa batasan melalui sebuah medsos.

Kecepatan penerimaan informasi memudahkan manusia mengakses segala pengetahuan baru berupa beberapa format seperti gambar, video, hingga audio. Terkadang di internet, Anda menemukan fitur seru yang membuat lupa waktu ketika mengaksesnya.

Penggunaan medsos memang memiliki manfaat, namun apabila berlebihan juga dapat mengakibatkan munculnya penyalahgunaan informasi. Akibat lain yang ditimbulkan adalah penyebaran berita tidak benar, maraknya hate speech, dan lain-lain.

Supaya terhindar dari berbagai kerugian seperti itu, Anda perlu mengetahui cara bijak bersosial melalui media digital. Terdapat beberapa aturan tidak tertulis yang gunanya menertibkan penggunaan tidak tepat, meskipun bersifat maya.

Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk di masa depan. Karena menggunakan sesuatu tanpa panduan ibaratnya berjalan di atas cangkang telur.

  1. Hindari Mencantumkan Informasi Pribadi Detail

Jangan pernah memasang informasi pribadi yang sekiranya merugikan bagi diri sendiri. Contohnya adalah data diri, rekening bank, nomor telepon, bahkan alamat untuk melindungi privasi dari kejahatan siber.

  1. Lebih Selektif saat Berbagi

Menggunakan media sosial berarti harus mengetahui konsekuensi dilihat oleh publik. Sebaiknya Anda lebih selektif saat ingin membagikan momen-momen tertentu termasuk kebahagian, kesedihan, atau masalah pribadi.

Terkadang pengguna medsos lain bisa salah mengartikan apa yang Anda posting disana. Akibatnya terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan perpecahan karena tidak adanya komunikasi lebih lanjut.

  1. Bersikap Waspada pada Semua Hal

Tidak ada yang dapat mengatur jalannya penyebaran informasi dalam satu waktu, karena sifatnya luas dan tidak terbatas ruang dan waktu. Biasanya oknum-oknum tidak bertanggung jawab rajin menyebarkan hoax.

Untuk itu Anda harus lebih waspada agar tidak langsung percaya segala hal yang orang lain sampaikan, baik teman atau pengguna random. Karena pada saat ini informasi hoax terlihat semakin meyakinkan.

  1. Tetap Menjaga Etika

Meskipun medsos bukanlah dunia nyata, namun di dalamnya Anda akan bertemu berbagai macam orang dengan latar belakang berbeda. Alangkah baiknya tetap menerapkan etika serta sopan santun dengan orang lain.

Hal ini bisa berdampak positif pada diri Anda sendiri, dengan memilih untuk bersikap terbuka pada hal baru. Apabila dibiarkan tanpa aturan, akan banyak masalah perpecahan terjadi dan berkembang menjadi parah.

  1. Menyaring Segala Sesuatu

Menurut penelitian terbaru, ternyata menggunakan media sosial punya pengaruh cukup besar terhadap kesehatan mental manusia. Medsos tidak membatasi apa yang orang lain tunjukan pada Anda, sehingga terkadang muncul rasa iri.

Peristiwa seperti itu terkadang menjadikan Anda tidak berpikir jernih, hanya melihat suatu hal melalui satu sisi pemikiran saja. Padahal belum tentu kenyataannya sesuai dengan kelihatannya.

  1. Membatasi Penggunaannya

Terlalu lama mengunjungi dunia maya sangat tidak dianjurkan oleh para ahli maupun psikolog. Selain membuat rasa candu, hal ini tidak mendatangkan dampak baik baik kesehatan secara fisik dan mental.

Biasakan mengontrol diri dengan memberikan batasan waktu saat menggunakan sosial media. Lebih baik alihkan diri Anda kepada sesuatu yang lebih produktif dan bermanfaat seperti berolahraga, menjaga kebersihan, dan belajar.

  1. Tidak Menjadi Attention Seeker

Ikuti atau follow orang-orang terdekat yang memang Anda kenal saja. Hal ini berguna untuk menjaga kualitas tontonan maupun informasi yang Anda lihat selama menyelami dunia maya.

Jangan menjadi seorang narsistik hanya karena ingin dilihat orng lain. Berekspektasi lebih tinggi akan membuat Anda jatuh lebih sakit, kemudian akhirnya mengakibatkan kerugian berupa depresi berkepanjangan.

  1. Gunakan untuk Hal Bermanfaat

Sosial media tentunya tidak melulu memberikan fungsi hiburan namun juga edukasi. Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur seperti search engine, komunitas belajar online, melakukan pertemuan virtual, dan lain-lain.

Bila memungkinkan, sosial media dapat dijadikan untuk ajang mencari teman lintas negara, belajar budaya mereka, dan saling bertukar pendapat untuk kemajuan diri sendiri ataupun lingkungan.

Sebelum melakukan sesuatu pastikan berpikir panjang dan mempertimbangkan setiap langkah ke depan. Perbuatan positif menimbulkan dampak baik bagi diri sendiri dan orang lain, perhatikan cara menggunakan media sosial agar bermanfaat.