Software Transkrip Audio ke Teks yang Dapat Dipilih

Software transkrip audio sekarang menjadi salah satu aplikasi yang banyak dibutuhkan. Apalagi jika pekerjaan Anda berhubungan dengan audio dan tulisan, atau Anda memiliki tugas kuliah yang berhubungan dengan wawancara.

Jika memiliki file audio dengan isi dialog narasumber, dan ingin mengubahnya menjadi sebuah teks, sekarang ini Anda tidak perlu melakukannya dengan menggunakan cara manual. Sekarang ada berbagai macam software transkrip yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Sekarang ini, hampir semua industri membutuhkan layanan yang mengubah suara menjadi teks, contohnya seperti ketika membuat subtitle video, melakukan wawancara dengan narasumber atau yang lainnya.

Software Transkrip Audio ke Teks

Saat ini, cukup banyak aplikasi atau software yang memberikan fitur transkrip dari suara ke dalam bentuk teks. Dibandingkan Anda bingung melakukan pilihan, berikut beberapa aplikasinya.

Windows Speech Recognition

Sebenarnya, Anda tidak perlu susah-susah untuk melakukan download aplikasi jika menggunakan sistem operasi Windows. Sebenarnya, Windows sudah memiliki fitur pengubahan suara menjadi teks.

Baca Juga  Pilihan Mata Uang Kripto Terbaik untuk Investasi Digital

Fitur ini bisa Anda temukan mulai pada win 7. Jika sekarang ini Anda menggunakan win 10, Anda bisa menggunakan shortcut Windows + CTRL + S. Setelah menekan tombol tersebut, nantinya kendala muncul dan membimbing Anda untuk melakukan pengaturan.

Ketik menggunakan Windows Speech Recognition ini, Anda dapat memberikan berbagai macam perintah hanya dengan menggunakan suara. Bahkan, Anda bisa membuka aplikasi dengan dengan menggunakan Windows Speech Recognition.

Amazon Transcribe

Tentu Anda sudah sering mendengar kata Amazon. Amazon ternyata juga menyediakan Software transkrip audio sehingga bisa mengubah audio menjadi teks dengan berbagai macam fitur.

Amazon Transcribe merupakan software dengan basis cloud. Keunggulan dari Amazon Transcribe adalah, aplikasi inu bisa menambahkan tanda baca secara tetap, bahkan bisa menyelipkan timestamp.

Amazon Transcribe juga dapat digunakan untuk kebutuhan medis seperti melakukan percakapan dokter dan pasien. Amazon Transcribe bisa mengenali beberapa pembicara sekaligus, sehingga bisa mentranskrip dengan mudah.

Dragon Speech Recognition Solutions

Dragon Speech Recognition Solutions merupakan rangkaian dari penyedia layanan transkrip suara ke dalam teks. Jika Anda ingin menggunakan layanan Dragon Speech Recognition Solutions untuk PC, Anda dapat memilih Dragon Personal Individual.

Baca Juga  Aplikasi Edit Audio yang Bisa Anda Coba

Software Dragon Personal Individual ini menggunakan teknologi deep learning. Dengan menggunakan teknologi tersebut, hasil yang diberikan bisa begitu akurat.

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, nantinya teknologi ini akan mempelajari preferensi yang Anda miliki, tanggal dan lainnya. Dragon Personal Individual juga melakukan optimasi suara sehingga tetap dapat mengubahnya dalam teks.

Verbit

Verbit bukan hanya bisa melakukan transkrip audio dengan real time, namun juga bisa membuat versi tulisan audio yang Anda masukkan. Software ini mempunyai 5 kategori industri yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Contohnya kategori Court Reporting. Kategori ini bisa merekam suara realtime untuk kebutuhan pengadilan, aplikasi ini juga memiliki layanan edukasi khusus penyandang disabilitas.

Software transkrip audio ini menjanjikan akurasi yang mencapai 99%, sehingga aplikasi ini sangat cocok bagi profesional. Anda juga tidak perlu melakukan pengecekan apakah teks tersebut sudah sesuai dengan dialog sebenarnya atau belum.

Watson Speech to Text

Watson Speech to Text memiliki dukungan teknologi yang sangat solid. Bahkan, Watson Speech to Text bukan hanya akurat, karena dalam aplikasi ini Anda dapat menambahkan berbagai macam kata kunci yang berkaitan dengan industri tertentu.

Baca Juga  Laptop Harga 5 Jutaan Terbaik di Pasaran

Watson Speech to Text memungkinkan pengguna memilih model berdasarkan pada frekuensi suara dan bahasa. Sehingga akurasi aplikasi bisa semakin tinggi. Watson Speech to Text memiliki versi demo yang bisa dicoba sebelum membeli versi berbayar.

Kelebihan dari Watson Speech to Text adalah tingkat kesalahan yang sangat kecil, selain itu semua audio juga bisa diubah dalam teks tanpa adanya kesalahan. Tentu saja hal ini juga bergantung dari kualitas file yang Anda gunakan.

Speechmatics

Speechmatics menjadi salah satu pilihan yang bsia diambil saat Anda tidak ingin mengubah audio menjadi teks secara manual. Kelebihan yang dimiliki oleh Speechmatics adalah aksen yang berbeda tetap bisa ia tangkap.

Selain itu, dengan menggunakan Speechmatics, Anda bisa dengan mudah melakukan pencarian dialog tanpa perlu menelusuri rekaman, Speechmatics juga memiliki dukungan file dengan jumlah besar.

Karena digunakan untuk kegiatan yang bersifat profesional, tentu saja Anda harus memilih software yang sesuai. Selain itu pastikan memilih software transkrip audio dengan biaya sesuai anggaran Anda.