Microsoft memperkenalkan Windows 11, versi baru dari sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia

Hari ini, Kamis, Microsoft meluncurkan pembaruan baru untuk sistem operasi komputer pribadi yang paling banyak digunakan di dunia, Windows 11, generasi berikutnya untuk menggantikan Windows 10 yang pertama kali muncul pada Juli 2015.

Perusahaan Redmond yang berbasis di Washington secara resmi meluncurkan sistem operasi baru hari ini setelah satu atau lebih orang menerbitkan versi beta pada 15 Juni yang diinstal oleh ribuan orang. Meskipun infrastruktur utama sistem operasi belum banyak mengalami perubahan, sebagian besar pembaruan berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna, penyederhanaan prosedur, dan pembaruan model penggunaan.

Microsoft telah mengindikasikan bahwa Windows 11 akan tersedia, sebagai pembaruan gratis untuk pengguna Windows 10, akhir tahun ini, mungkin pada bulan November atau Desember.

Menu Start Baru

Perusahaan telah diberi tugas untuk mendesain ulang menu Start ikonik yang hampir selalu berada di sudut kiri bawah layar. Dengan Windows 11, menu Mulai akan hidup, secara default, di area tengah bilah aktivitas (bilah tugas). Di Windows 11, ikon tidak akan memiliki label identifikasi, tetapi akan sedikit lebih besar untuk kemudahan aktivasi. Dan pada perangkat dengan layar sentuh, akan ada lebih banyak ruang di antara ikon untuk memfasilitasi pengaktifannya.


Menu Start baru telah sepenuhnya didesain ulang, dan sekarang terletak di tengah taskbar. (Microsoft.com)
Seperti yang mereka lakukan di versi asli Windows 8, menu Start di Windows 11 juga telah diubah dalam format baru yang disederhanakan yang membuatnya lebih mudah untuk dinavigasi dan digunakan. Ini berarti bahwa pengguna terbiasa dengan cara menu Start diatur karena Windows 95 akan memiliki kurva pembelajaran baru, tetapi jika Anda tidak menyukai perubahannya, Anda dapat meletakkan menu Start di posisi tradisionalnya (kiri bawah) dan, setelah tersedia, tidak perlu waktu lama bagi perusahaan untuk merilis Program yang akan mengembalikan menu ke cara kerjanya saat ini di Windows 10.

Baca Juga  Fungsi RAM Komputer dan Laptop yang Wajib Anda Ketahui

Area notifikasi yang berisi jam dan kalender di kanan bawah belum mengalami perubahan besar, setidaknya dengan apa yang diperkenalkan Microsoft.

Design Ulang Desktop

Meskipun Microsoft mendedikasikan sebagian dari presentasinya ke lingkungan desktop baru yang didesain ulang, yang menunjukkan sudut membulat di jendela dan latar belakang semi-transparan dan hampir kristal, kenyataannya adalah bahwa perusahaan telah menguji bahasa desain ini di salah satu sistem operasi terburuknya, Windows pemandangan.

Tersedia untuk umum pada Januari 2007, Vista memperkenalkan antarmuka grafis (GUI) baru dan gaya visual yang dikenal secara kolektif sebagai Aero. Aero membulatkan sudut-sudut jendela, yang latar belakangnya juga semi-transparan. Namun, Aero memerlukan driver baru untuk kartu video, dan tidak semuanya tersedia dalam versi resmi Vista, yang menyebabkan banyak masalah bagi pengguna. Aero juga menuntut lebih banyak sumber daya dari PC, membuat Vista terasa seperti sistem operasi yang lebih lambat dari pendahulunya, Windows XP yang populer.


Gambar menunjukkan implementasi di Windows 11. (Microsoft.com)

Jika diinstal pada tablet atau 2-in-1, Windows 11 akan secara otomatis mempelajari kemampuan perangkat dan menyesuaikan pengalaman untuk kemudahan penggunaan menggunakan kontrol sentuh.

Desain ulang lingkungan desktop juga mencakup dua fungsi baru: kemampuan untuk mengelompokkan aplikasi untuk dibuka bersama dan mengambil bagian tertentu dari layar (Grup Snap), dan sub-layar tempat Anda dapat menempatkan widget dan widget yang terhubung ke web yang Anda menyediakan. Informasi statis.

Windows 10 sebenarnya memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa aplikasi pada satu layar, dan ketika Anda menutup dan membuka kembali program, Windows mengingat di mana mereka berada di layar dan mengembalikan ukurannya ke terakhir kali aplikasi itu diluncurkan. Grup snap sekarang memungkinkan Anda memilih serangkaian aplikasi yang akan berjalan pada waktu yang sama dan Windows 11 akan selalu membukanya dalam posisi dan ukuran yang sama.

Baca Juga  Mengenal Jenis Hardware Komputer dan Fungsinya Masing-Masing

Fungsionalitas tata letak baru juga memungkinkan Anda memilih dari beberapa templat yang telah dirancang sebelumnya yang menentukan tempat untuk menampilkan aplikasi yang telah Anda buka.


Ini adalah salah satu dari beberapa tata letak yang tersedia untuk mengatur beberapa aplikasi pada satu layar. (Microsoft.com)

Fungsionalitas widget akan memungkinkan penempatan applet di jendela yang akan berada di sebelah kiri desktop utama dan dapat diseret ke desktop. Widget adalah program kecil, biasanya versi ringan dari aplikasi lengkap, yang menyediakan informasi waktu nyata seperti widget cuaca yang menunjukkan prakiraan cuaca saat ini berdasarkan wilayah tempat Anda berada, atau versi mini Outlook atau Google Kalender Anda yang menunjukkan penundaan Anda tugas informasi.

Gadget bukanlah fitur baru, Microsoft juga bereksperimen dengan Windows Vista dan utilitasnya, yang merupakan nama lain untuk alat.

Peningkatan fungsionalitas untuk pengguna beberapa monitor

Windows 11 akan menyertakan lebih banyak fungsi dan alat organisasi untuk orang yang menggunakan lebih dari satu layar.

Jika, karena alasan tertentu, Anda kehilangan daya ke salah satu monitor, atau Anda melepaskan kabel monitor ke laptop atau port replicator, kemungkinan besar aplikasi yang Anda buka di monitor eksternal akan terus berfungsi, tetapi Anda dapat’ t membukanya di ponsel layar komputer Anda kecuali Anda menutup dan membuka kembali aplikasi yang terpengaruh.

Windows 11 akhirnya akan pulih dengan aman dari situasi ini dengan mengurangi aplikasi yang terbuka di layar eksternal ke bilah tugas di layar beranda Anda. Windows 10 memang mengingat lokasi monitor pada monitor eksternal, tetapi tidak selalu mengembalikannya dengan benar.

Aplikasi Android di Windows 11 dan Microsoft Store yang didesain ulang
Fitur yang paling mengejutkan, dan yang paling sedikit dijelaskan oleh Microsoft, adalah kemampuan untuk menginstal aplikasi yang ditulis untuk sistem operasi seluler Android di Windows 11, baik melalui Microsoft Store yang didesain ulang atau melalui Amazon App Store.

Baca Juga  Aplikasi Matematika untuk PC, Belajar Jadi Mudah

Selama presentasi, Microsoft memamerkan aplikasi TikTok yang bekerja pada Windows 11, meskipun dalam format potret (seperti yang terlihat di layar smartphone). Perusahaan berjanji bahwa aplikasi akan dapat diinstal dari Microsoft Store dan Amazon App Store, tetapi tidak memberikan perincian tentang cara mengurangi dampak jutaan aplikasi Android yang mencuri informasi pengguna atau bahkan jika Windows 11 akan melakukannya. dapat menjalankan miliaran aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi seluler Google. .


Gambar Microsoft Store yang didesain ulang dengan fungsionalitas untuk menginstal aplikasi Android. (Microsoft.com)

Perusahaan juga menawarkan untuk mendesain ulang Microsoft Store, meskipun waktu yang singkat di layar tidak menunjukkan banyak perubahan selain ikon yang lebih besar. Anda telah mengonfirmasi bahwa Store sekarang akan menerima perangkat lunak Windows tradisional (Win32, atau perangkat lunak yang diunduh dan diinstal secara tradisional dari situs web produsen) serta perangkat lunak universal yang dikembangkan di bawah Universal Windows Platform (UWP, dalam bahasa Inggris).

Perubahan lainnya

Penggemar video game yang menggunakan tampilan High Dynamic Range (HDR) tidak perlu mengaktifkan fungsi secara manual, karena Windows 11 akan mendeteksi konten yang dikembangkan dengan HDR dan mengaktifkan fungsi secara otomatis. Microsoft juga akan menerapkan teknologi Penyimpanan Langsung yang digunakannya di konsol Xbox Series S/X yang mempercepat akses ke data yang disimpan di solid state disk (SSD).

Seperti disebutkan sebelumnya, Windows 11 akan tersedia pada bulan November atau Desember tahun ini dan akan menjadi pembaruan gratis untuk orang yang sudah memiliki Windows 10. Namun, lisensi Windows 11 juga akan tersedia untuk dijual, meskipun Microsoft belum mengungkapkan harga. Perusahaan juga tidak mengungkapkan apakah akan ada versi Windows 11 yang berbeda; Windows 10 saat ini tersedia dalam edisi Home dan Pro.