Review: Microsoft Surface Laptop 4 Mahal tapi Kokoh

Microsoft telah merilis versi keempat dari Surface Laptop. Tidak murah, tetapi Anda mendapatkan banyak laptop sebagai imbalannya.

Microsoft mengumumkan Surface Laptop 4 pada pertengahan April, dan model baru terlihat seperti dua tetes air pada Surface Laptop 3 lama, yang berasal dari tahun 2019.

Surface Laptop 4 tersedia dalam dua ukuran layar. Keduanya memiliki layar sentuh. Versi termurah memiliki layar 13,5 inci dan dilengkapi dengan prosesor Core i5, Core i7 atau Ryzen 5.

Banyak Uang

Model 15 inci yang kita bahas dalam ulasan ini dilengkapi dengan prosesor Core i7 atau Ryzen 7. Spesifikasinya tidak mengesankan. Versi termurah dengan layar 15 inci memiliki prosesor Ryzen 7 dan RAM 8 GB.

Jika Anda membeli model dengan RAM 16 GB, Anda akan kehilangan sekitar 2000 euro. Harga seperti itu mengingatkan pada Apple. Kalau mahal, apa yang membuat Surface Laptop lebih menarik dari Dell, HP, atau Lenovo?

Laptop sedikit lebih tinggi dan lebih sempit karena layar tertentu.

Speaker keyboard

Eksterior membuat Surface Anda berbeda dari laptop lain. Ini adalah desain yang bersih dan sederhana, dengan hanya logo Microsoft pada casingnya. Rasio layar 3-kali-2 membuat laptop sedikit lebih tinggi dan lebih sempit dari pesaing.

Kisi-kisi speaker tidak cocok dengan tampilan ramping perangkat Surface, itulah sebabnya speaker terintegrasi di bawah keyboard. Itu bagus, karena tidak seperti banyak laptop lain, itu tidak mengarah ke bawah, melainkan ke arah telinga Anda.

Beberapa Koneksi

Tidak banyak pilihan koneksi. Di sebelah kanan hanya sambungan pengisi daya. Ini adalah colokan milik Microsoft, yang bersifat magnetis dan karena itu dilepaskan ketika kabel tiba-tiba ditarik keluar.

Di sebelah kiri adalah port USB: satu dengan USB-A dan yang lainnya dengan USB-C. Koneksi USB-C multifungsi praktis, tetapi kami ingin melihat lebih banyak koneksi. Dukungan Thunderbolt dan koneksi HDMI penuh akan sangat berguna.

Face ID

Anda dapat masuk menggunakan pengenalan wajah. Kamera tersebut memiliki resolusi 1280 x 720 piksel, seperti yang kita lihat di hampir semua laptop. Selain pengisi daya, tidak ada periferal dan aksesori yang disertakan dengan laptop 4.

Tambahan yang bagus untuk pengisi daya adalah koneksi USB-A untuk mengisi daya ponsel Anda. Pengisian cepat tidak didukung oleh metode ini; Ini berhenti pada 5 volt dan 1 amp.

Anda dapat masuk menggunakan pengenalan wajah.

Prosesor yang kuat

Prosesor di Surface Laptop 4 yang kami uji tahu apa yang harus dilakukan. Dalam pengujian, laptop ini berkinerja terbaik di kelasnya. Saat kami mencoba mengekspor video yang diedit, itu juga salah satu mesin tercepat di kelasnya.

Namun, jika melihat kapasitas grafis dari laptop ini, tidak cukup untuk bersaing di tes lainnya. Hal ini dikarenakan hardware grafis merupakan titik lemah dari prosesor AMD ini.

Bekerja di luar

Dalam hal kecerahan dan kontras, layarnya setara dengan Surface Laptop 3. Anda dapat melihat semuanya baik-baik saja di luar asalkan tidak terlalu cerah. Hebatnya, kalibrasi layar agak lebih buruk pada Surface Laptop 4, meskipun perbedaannya tidak terlalu besar.

Surface Laptop 4 memiliki baterai yang sedikit lebih besar daripada Surface Laptop 3, tetapi masa pakai baterai diperpanjang saat menjelajah sekitar dua jam. Jika Anda memberi perangkat lebih banyak omong kosong, masa pakai baterai akan jauh lebih pendek dan Anda hanya memiliki empat jam tersisa.

Kesimpulan

Apa yang Apple lakukan dengan MacBook selama enam bulan, Microsoft lakukan secara mikroskopis dengan Surface Laptop. Pabrikan membuat produk kelas atas, dengan prosesor “sendiri” yang sangat kompatibel dengan perangkat keras lainnya, dan mengintegrasikan dukungan perangkat keras ke dalam sistem operasi.

Jadi kami dapat membayangkan bahwa jika Anda mencari laptop kelas atas, Anda akan membayar ekstra untuk pembalut Surface dari Laptop 4.