Layar Lengkung 1000R, Apa Itu Dan Mengapa Anda Harus Mencobanya

Tidak seperti yang terjadi beberapa tahun lalu dengan TV lengkung, yang perlahan tapi pasti menghilang dari pasar setelah beberapa generasi, layar dengan fitur yang sama terus meraih kesuksesan dan, pada kenyataannya, menjadi semakin melengkung. Tidak, ini bukan lelucon dan tidak semua layar melengkung dengan cara yang sama. Jari-jari tikungan bisa lebih atau kurang parah, dan sejak tahun lalu kami mulai melihat produk pertama di pasar yang ditandai dengan formula 1000R, untuk secara akurat menunjukkan tingkat kelengkungan pelat. Tapi apa artinya dan apa manfaatnya? Kami akan memberitahu Anda segera.

1000R, 1800R, 2300R, jangan, jangan buat main game terus yaa 🙂

1000R, 1800R, 2300R, apa arti singkatan ini? Mari kita bahas secara berurutan. Jelas, huruf “R” di dalam kata-kata menunjukkan jari-jari sedangkan angka di depannya menunjukkan ukuran jari-jari yang sama dalam milimeter. Dengan kata lain, bayangkan menggambar lingkaran kontinu dengan kelengkungan layar yang sama, jari-jari lingkaran ini akan berukuran 1.000 mm, atau satu meter. Dalam hal menekuk 1800R akan menjadi 1,8 meter dan seterusnya.

Dengan demikian, layar dengan angka lebih besar sebelum huruf “R” akan kurang melengkung. Kemudian Anda akan memahami bahwa antara layar 1800R dan layar 1000R ada perbedaan yang mencolok dan ada beberapa situasi, seperti yang akan kami jelaskan segera, di mana kelengkungan yang lebih besar ini menawarkan keuntungan penting dalam hal kenyamanan visual.

Namun mengapa produk-produk jenis ini baru mulai hadir di pasaran saat ini, antara lain, dalam jumlah kecil dan dengan harga yang signifikan? Jawabannya sederhana. Produksi panel ini sama sekali tidak mudah, baik untuk teknik yang digunakan untuk menekuk panel maupun untuk integrasi lampu latar dan semua sirkuit. Pernahkah Anda melihat papan elektronik melengkung?

Tantangan terbesar tentu saja memposisikan elemen-elemen yang membentuk lampu latar dengan tepat sehingga keseragaman dipertahankan semaksimal mungkin, baik dari segi luminance maupun chromatic fidelity. Jelas bahwa biaya produksi jauh lebih tinggi dan ini memiliki konfirmasi yang jelas tentang harga akhir monitor. Karena itu pula, saat ini hanya ada dua merek yang menawarkan produk dengan radius kelengkungan 1000R: MSI dan Samsung. Dan satu-satunya perusahaan yang memproduksi panel dengan radius lentur ini adalah Samsung. Oleh karena itu, tidak perlu dikatakan lagi bahwa semua produk MSI yang memiliki karakteristik panel ini berasal dari pabrik perusahaan Korea.

Untuk memasukkan semua perangkat elektronik dengan cara yang benar dan memastikan pembuangan panas yang benar, desain bodi khusus dan unik dipelajari, yang biasanya memiliki ketebalan yang lebih sesuai di bagian tengah; Di sini kami juga menemukan sistem pemasangan untuk lengan cadik.

Kelebihan dan Kekurangan

Jadi kami datang untuk menganalisis alasan mengapa Anda menginginkan layar dengan radius kelengkungan 1000R dan yang, pada kenyataannya, beberapa, mungkin menahan hidung Anda.

Mari kita mulai dengan yang terakhir, yang sebenarnya hanya satu dan memberikan beban dalam hal kedalaman. Tampaknya jelas untuk mengatakannya, tetapi, dalam pengertian itu, layar dengan jari-jari kelengkungan ini membutuhkan lebih banyak ruang di meja daripada 1800R atau layar datar. Jika Anda tidak memiliki meja yang cukup dalam, mungkin ada masalah dalam menempatkannya dengan benar.

Berbicara alih-alih manfaat yang diperoleh dari penggunaan layar dengan radius kelengkungan 1000R, kita tentu harus menekankan betapa lebih mudahnya mendapatkan jarak yang sama dari berbagai titik layar terhadap mata pengamat. Kesulitan yang lebih besar bagi mereka yang menggunakan layar besar, dengan faktor bentuk 21:9 dan radius kelengkungan yang lebih kecil, disebabkan oleh fakta bahwa area di tepi layar akan memiliki jarak yang lebih jauh dari mata daripada pusatnya. dan dengan demikian juga tingkat fokus yang berbeda dari yang pusat. Variasi yang meski tidak signifikan, pasti melelahkan mata pengamat.

Untuk menjaga semua titik layar pada jarak yang sama dengan panel 1800R, Anda harus duduk sejauh 1,8m darinya, jika tidak, tepi dan tengah layar akan berada pada tingkat fokus yang berbeda, yang mengganggu kenyamanan visual. Sekarang cobalah untuk duduk sekitar dua meter dari layar Anda dan beri tahu saya apakah Anda dapat dengan mudah membaca penglihatan ini. Dengan radius kelengkungan 1000R, jarak pandang optimal menjadi 1 meter, tentunya lebih mudah diatur dan lebih umum ditemukan di pengaturan studio normal.

Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan amplitudo yang berbeda dari jumlah perjalanan ibu jari yang sama. Panel 21:9 34-inci dengan radius 1800R, bahkan dengan area kerja yang sama, akan jauh lebih lebar, memaksa pengguna untuk menggerakkan dan memutar kepalanya beberapa kali. Dan jika ini bisa menjadi masalah bagi mereka yang menggunakan monitor untuk bekerja, bayangkan bagaimana jadinya jika yang ada di depan Anda adalah monitor yang Anda gunakan untuk bermain. Lebih nyaman, tetapi juga lebih banyak ruang yang tersedia di meja, yang agak mengimbangi kedalaman yang lebih besar.

Akhirnya, semua ini mengarah ke tingkat perendaman yang pasti lebih tinggi daripada yang bisa kita dapatkan dengan layar datar klasik atau hanya layar yang sedikit melengkung. Jika digunakan pada jarak yang benar, layar ini benar-benar membawa Anda ke tengah pemandangan.

Produk

Nah, sekarang kita telah mengetahui sedikit karakteristik apa yang membuat monitor ini unik, mari kita lihat alternatif apa yang saat ini tersedia di pasar dan dengan demikian benar-benar dapat dibeli oleh pengguna. Sudah memberi tahu Anda, kami berbicara tentang beberapa produk, sebenarnya sangat sedikit saat ini, tetapi kami yakin akan perluasan proposal yang cepat secepat mungkin untuk menemukan panel dengan cara yang lebih mudah.

MSI MPG ARTYMIS 343CQR

Ini adalah puncak dari seri Artymis MSI; Rangkaian produk yang akan mencakup semua solusi dengan radius kelengkungan 1000R. Dalam hal ini, kita berbicara tentang layar dengan diagonal 34,3 inci dan rasio aspek 21: 9. Resolusinya adalah 3440 x 1440 piksel, sementara kami memiliki kecepatan refresh 165 Hz dan waktu respons 1 ms ( MPRT).

Terlepas dari radius kelengkungan yang menonjol, MSI telah mempelajari struktur panel yang mampu memastikan sudut pandang 178° baik secara vertikal maupun horizontal. Dalam hal reproduksi warna, perusahaan kemudian mengumumkan cakupan 92,7% untuk standar DCI-P3 dan 117% untuk standar sRGB. Penerangan maksimum bukan 400 nits dengan puncak hingga 550 nits. Ada sertifikasi HDR400 dan kami memiliki lapisan anti-silau khusus yang meningkatkan visibilitas dalam berbagai situasi cahaya sekitar.

Menjadi monitor game, kami kemudian memiliki serangkaian teknologi dan alat yang dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja dalam sesi permainan kami sebanyak mungkin. Di antaranya, kami ingat Optix Scope, jendela bidik virtual yang memperbesar target untuk mencegat dan menjatuhkan lawan dengan akurasi lebih tinggi, atau bahkan fungsi penglihatan malam yang “membuka” bayangan dalam pemandangan paling gelap untuk memungkinkan kami menemukan detail terbaik di adegan paling gelap. Tidak ada kekurangan mode konsol, yang dirancang untuk pengalaman visual yang lebih baik saat kita bermain dengan PS5. Layar menerima sinyal 4K dan berkat algoritme pramuat mengurangi resolusi menjadi 2K sambil mempertahankan tingkat detail yang sangat tinggi.

Akhirnya, juga tepat untuk menyebutkan profil CEC (Consumer Electronics Control) berkat itu kita dapat menggunakan konsol PlayStation atau Nintendo Switch untuk mengaktifkan layar dan mengubah mode penggunaan, berpindah dari game itu ke film atau kantor itu.

MSI MAG ARTYMIS 242C

Bagi mereka yang tidak memiliki ruang untuk monitor 34 inci, MSI juga menawarkan alternatif yang sedikit lebih kecil dan lebih murah: MAG Artymis 242C yang, seperti yang bisa Anda tebak dari inisialnya, menawarkan diagonal 24 inci. Jelas, radius tikungan tetap 1000R, selain kecepatan refresh dan waktu respons di sini juga pada 165 Hz dan 1 ms. Sebaliknya, perubahan resolusi yang, dibandingkan dengan kisaran teratas, dikurangi menjadi FullHD, tetapi lebih dari cukup jika dibandingkan dengan ukuran panel.

Tidak ada sertifikasi HDR dan kontras sedikit lebih rendah tetapi sudut pandang yang sangat baik 178 derajat pada kedua sumbu, dan dalam hal reproduksi warna, cakupan hampir penuh dari standar DCI-P3 tetap ada. Desain tanpa bingkai kemudian memungkinkan Anda untuk menempatkan dua atau tiga monitor berdampingan tanpa jeda gambar yang tiba-tiba untuk pengalaman yang lebih mendalam.

Seperti halnya model 34 inci, kami juga memiliki Mode Penglihatan Malam dan HDMI CEC di sini. Ditambah dengan teknologi anti-flicker yang membuat kita mendapatkan pengalaman visual yang lebih nyaman dan AMD FreeSync Premium, yang mengoptimalkan sinkronisasi frame untuk meningkatkan kehalusan gambar.

Samsung Odyssey G9, G7 dan G5

Sebaliknya, alternatif Artymis lahir di Samsung. Samsung, antara lain, adalah satu-satunya produsen panel jenis ini. Kita berbicara tentang Odyssey G9, G7 dan G5, masing-masing, raksasa 49 inci 32: 9, lebih “normal” 32 dan 34 “dengan rasio 21: 9. Yang pertama menawarkan resolusi 5120 x 1440 piksel, dukungan Standar HDR1000 dan kompatibilitas dengan Nvidia G-Sync Dan AMD FreeSync memiliki desain futuristik yang menarik, tentu saja kurang Berat: 16,7kg.

Sebaliknya, “manusia” G7 dilengkapi dengan resolusi 2560 x 1440 piksel, waktu respons 1 ms, dan kecepatan refresh 240 Hz. Jangan lewatkan sertifikasi dan kompatibilitas HDR600 dengan teknologi sinkronisasi vertikal NVIDIA dan AMD, seperti kakaknya.

Model G5, di sisi lain, tidak menawarkan teknologi G-Sync, yang juga memiliki kecepatan refresh yang lebih rendah (165Hz). Waktu respons 1 ms MPRT dan resolusi 1440p tetap ada. Panel tersebut kemudian sedikit kurang terang dibandingkan dua bersaudara dan dapat mengandalkan pencahayaan maksimum 250 cd/m² dengan rasio kontras 2500:1.