Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui Orang

Seringkali orang dibuat bingung untuk memahami perbedaan Laptop dan Notebook. Keduanya terlihat sama dari segi model dan fungsi. Namun kenapa namanya harus dibedakan? Apa sebenarnya yang membedakan kedua istilah tersebut.

Hal ini penting untuk dipahami terutama pada saat Anda hendak membeli laptop atau komputer itu sendiri. Jangan sampai Anda salah beli karena ternyata titik perbedaan antara laptop dan notebook ini sendiri cukup banyak.

Bagi Anda yang sedang bingung bagaimana cara untuk membedakan kedua perangkat teknologi ini. Tidak usah khawatir karena disini kami akan langsung membahas apa saja perbedaan detail dari kedua perangkat tersebut untuk Anda.

6 Perbedaan Laptop dan Notebook

Jika dilihat secara detail, tentu saja ada banyak sekali perbedaan mencolok antara laptop dan notebook ini baik itu dari segi desain, spesifikasi, fungsi, dan lain-lain. Untuk memahaminya, mari kita bahas hal ini satu persatu.

Ukuran layar

Perbedaan pertama yang dimiliki oleh laptop dan notebook ini adalah ukuran layarnya. Ini merupakan salah satu perbedaan mencolok yang memang diterapkan pada laptop dan notebook itu sendiri.

Baca Juga  Laptop Gaming Murah, Dibawah 10 Juta

Ukuran layar laptop biasanya memiliki dimensi yang jauh lebih besar dibandingkan notebook. Umumnya layar laptop memiliki dimensi lebih dari 18 inch untuk setiap produknya. Hal ini tentu jauh berbeda dengan notebook.

Pada mayoritas produk notebook yang dipasarkan saat ini, dimensi layarnya hanya sekitar 13 hingga 18 inch saja. Jadi secara umum, layar notebook ini memang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Namun yang membuat sulit adalah notebook dengan layar 18 inch yang sekilas terlihat mirip laptop. Tapi tenang saja karena masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melihat perbedaan laptop dan notebook ini.

Berat

Perbedaan lain yang dimiliki oleh laptop dan notebook ini adalah beratnya. Sama seperti sebelumnya, bobot yang dimiliki oleh laptop memang jauh lebih besar dibandingkan notebook. Mungkin hal ini disebabkan oleh beberapa part tambahan pada laptop itu sendiri.

Tentu saja hal ini membuatnya jauh lebih berat. Laptop sendiri biasanya memiliki berat di kisaran 3 hingga 5 kg. Sedangkan notebook memiliki bobot di kisaran 1 hingga 2 kg saja. Hal inilah yang kemudian menjadi tolak ukur lain yang bisa Anda jadikan pembeda.

Baca Juga  10 Benda nyeleneh yang dipakai tukang bangunan ini bikin salah fokus

Spesifikasi grafis

Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya adalah spesifikasi grafis yang dimilikinya. Umumnya laptop memiliki spek grafis yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan spesifikasi grafis pada notebook. Tidak heran kalau kemudian tampilan grafisnya jauh lebih baik.

VGA pada laptop memiliki spek yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan notebook. Sebaliknya, spek VGA pada notebook tidak terlalu maksimal. Malahan mayoritas notebook menggunakan VGA On Board alias VGA yang tidak bisa dibongkar pasang.

Sayangnya tidak ada slot PCI tambahan untuk meningkatkan VGA pada beberapa jenis notebook. Khususnya untuk notebook generasi 2000. Namun untuk saat ini sudah ada beberapa notebook yang menawarkan spek VGA yang lebih memadai.

Perbedaan ukuran RAM

Perbedaan lain yang dimiliki oleh laptop dan notebook ini terletak pada ukuran RAM yang disematkan di dalamnya. Sama seperti sebelumnya, spesifikasi RAM pada laptop memang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan notebook.

Umumnya saat ini RAM pada Laptop memiliki spek minimum 4 GB. Sedangkan spek RAM minimum pada Notebook berkisar di 2 GB. Inilah salah satu alasan kenapa penggunaan Laptop jauh lebih diminati oleh mereka yang sering membuka aplikasi berat.

Baca Juga  Laptop Harga 5 Jutaan Terbaik di Pasaran

Keberadaan DVD ROM

Perbedaan laptop dan notebook lainnya ada pada DVD ROM. Setiap jenis laptop pasti memiliki DVD ROM untuk memutar disk atau melakukan instalasi dari CD. Jadi penggunaannya jauh lebih mudah dan efektif.

Berbeda dengan hal ini, notepad sama sekali tidak memiliki DVD ROM. karena itulah instalasi apapun pada notebook harus menggunakan flashdisk. Namun kalau Anda memang terbiasa menggunakannya, sebenarnya hal ini tidak sulit sama sekali.

Daya tahan baterai

Perbedaan lain yang dimiliki oleh kedua perangkat ini adalah durasi baterai. Pada laptop, umumnya durasi baterai bisa bertahan lebih lama. Sedangkan pada notebook durasinya jauh lebih singkat.

Laptop dan Notebook dijual dengan bebas di pasaran saat ini. Harganya juga sangat variatif. Agar Anda tidak salah dalam memilih produk terbaik, pastikan untuk memahami perbedaan laptop dan notebook tersebut dengan baik.