fitur zoom untuk guru
fitur zoom untuk guru

Fitur Zoom untuk Guru agar Proses Belajar-Mengajar Lancar

Untuk memudahkan proses belajar, dihadirkanlah beberapa fitur Zoom untuk guru. Dengan dihadirkan fitur ini, keduanya guru dan siswa masing-masing mendapatkan kemudahan dalam mengerti dalam melakukan pembelajaran secara daring ini.

Di masa pandemi ini, semua kegiatan hampir selalu dilakukan secara daring. Kerja, perkuliahan, berjualan, hingga sekolah menjadi sektor yang terkena efek dari pembelajaran yang lebih maju lagi. Hal ini juga membuat banyak penyedia jasa konferensi.

Aplikasi konferensi yang berjumlah banyak ini kemudian terus berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik agar sering digunakan. Salah satunya adalah “Zoom Meeting” yang telah menjadi yang terpopuler sepanjang tahun ini karena menghadirkan fitur zoom untuk guru.

Alasan Zoom Bisa Menjadi yang Paling Banyak Digunakan

Dalam tahun-tahun kebelakang, dapat dipastikan pasti semua telah mengenal aplikasi Zoom. Dibanding aplikasi konferensi atau meeting online ini, Zoom bisa dikatakan telah menjelma menjadi yang paling populer. Bukan tanpa alasan pencapaian Zoom ini karena:

  1. Memiliki Banyak Fitur, terutama fitur zoom untuk guru
  2. Simpel dan Memudahkan
  3. Memiliki kualitas gambar dan audio yang baik

Beberapa Fitur Zoom untuk Guru yang Memudahkan Proses Belajar-Mengajar

Keunggulan utama dari Zoom mungkin terletak pada fitur yang tersedia. Apalagi kegiatan meeting kebanyakan digunakan untuk proses belajar-mengajar sehingga guru dan sekolah membutuhkan yang menggampangkan. Jadi, ini adalah beberapa fitur yang bisa digunakan:

  1. Whiteboard

whiteboard zoom
source : www.miamioh.edu

Di dalam ruangan kelas, papan tulis adalah objek utama yang selalu digunakan. Sehingga ini juga yang menjadi fitur zoom untuk guru agar bisa menjelaskan pelajaran selayaknya menggunakan papan tulis “nyata”.

  1. Sharescreen

Sharescreen zoom
source : cyberthreat.id

Pembelajaran akan semakin interaktif jika menggunakan visual atau video untuk ditampilkan. Di sekolah mungkin akan menggunakan proyektor, namun karena hanya daring, kamu bisa menggunakan fitur sharescreen untuk memperlihatkan layar kamu.

  1. Schedule

Fitur schedule zoom
source : blog.zoom.us

Jadwal juga menjadi suatu hal yang penting dalam sekolah. Murid yang disiplin pasti akan lebih mudah dididik pada kemudian hari. Maka dari itu, ini merupakan salah satu fitur zoom untuk guru agar bisa menjadwalkan jadwal pertemuan dan lainnya.

  1. Annotate

Annonate zoom fitur
source : cteresources.bc.edu

Annotate atau pointer merupakan cursor yang juga akan terlihat pada screen. Jadi, ini akan memudahkan pada saat pembelajaran karena kamu sebagai guru bisa menunjuk bagian mana yang akan dibaca. Juga, kamu bisa mencoret-coret dengan fitur ini.

  1. Breakout room

breakout room zoom
source : zoombiz.co

Jika kamu ingin membuat kelas berdiskusi untuk kerja kelompok, maka bisa membuatkan breakout room untuk mereka. Fitur zoom untuk guru ini sangat membantu karena bisa berdiskusi langsung tanpa didengar oleh kelompok lain.

  1. Raise Hand

Raisehand zoom
source : www.iteachandroid.com

Saat di kelas, mungkin akan murid bisa tunjuk tangan langsung. Jika di zoom, maka fitur ini adalah penggantinya. Dengan fitur raise hand, kamu bisa membuat kelas tidak ribut dengan hanya mengizinkan murid untuk onmic jika sudah raise hand.

Pembelajaran akan semakin interaktif jika menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi. Dengan semua serba online, maka aplikasi berlomba untuk mengeluarkan fitur terbaik. Salah satunya zoom dengan fitur zoom untuk guru yang sangat memudahkan.