Review : OPPO Find X3 Pro Smartphone Dengan Mikroskop

Ponsel terbaru OPPO memiliki sesuatu yang istimewa: lensa teropong. Di sisi lain, baterai sangat cepat habis.

OPPO memang masih kalah terkenal dari Apple atau Samsung, tetapi merek smartphone China pasti tumbuh kuat dalam satu tahun terakhir. Di Eropa Barat, OPPO berada di antara lima merek smartphone teratas, menurut peneliti pasar Counterpoint, bahkan mengungguli OnePlus.

Merek ini memasuki pasar Belanda pada tahun 2018 dengan salah satu smartphone pertama dengan kamera dengan ekstensi otomatis: Find X. Di sisi lain, Find X2 Pro memiliki desain yang lebih tradisional, tanpa driver yang berisik.

Find X3 Pro adalah yang terbaru. Dengan harga eceran yang disarankan 1.149 euro, itu benar-benar tidak kompatibel dengan smartphone paling mahal dari merek lain. Hebatnya, lensa periskop sebelumnya membuka jalan bagi kamera telefoto konvensional.


Find X3 Pro memiliki trik baru: kamera mikroskop khusus dengan perbesaran enam puluh kali, untuk menangkap detail terkecil di lingkungan. Kami belum pernah melihat ini dengan smartphone sebelumnya, dan ini benar-benar melampaui kamera makro yang Anda temukan di smartphone yang lebih murah.

Find X3 Pro juga dikemas dengan semua perangkat keras yang Anda harapkan dari perangkat kelas atas, dari prosesor Snapdragon 888 tercepat hingga memori yang sangat besar dan pengisi daya nirkabel.

Spesifikasi ponsel Oppo Find X3 Pro

  • Layar: 6.7 inci
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 888
  • RAM: 8 hingga 12 GB
  • Penyimpanan: 256 GB
  • Kamera belakang: Standar (50 MP), Ultra Wide (50 MP), Tele (13 MP), Mikroskop (3 MP)
  • Kamera depan: 32 MP ا
  • Baterai: 4500 mAh
  • Berat: 193 gram
  • Dukungan 5G: Ya

Penampilan Belakang

OPPO Find X3 Pro terlihat sedikit berbeda dari bagian belakang model Android terbaru lainnya. Tidak hanya kurva kaca di sepanjang tepinya agar sesuai dengan bingkai di samping, tetapi juga berlanjut dengan tonjolan kamera di sudut kiri atas.

Karena kelengkungan bertahap antara ketebalan lensa dan bagian belakang lainnya, keseluruhannya mengalir mulus satu sama lain, juga memastikan bahwa tonjolan kurang terlihat daripada kebanyakan sudut.

Layar

Seperti hampir semua smartphone di tahun 2021, OPPO Find X3 Pro juga dilengkapi dengan layar OLED. Panel tersebut memiliki diameter 6,7 inci dan resolusi 3216 x 1440 piksel.

Layar refresh hingga 120 frame per detik, memungkinkan animasi terlihat lebih halus daripada pada perangkat frekuensi rendah. Kecepatan refresh dapat dikurangi untuk menghemat baterai.

Find X3 Pro mendukung warna 10-bit, menghasilkan lebih dari satu miliar gradasi warna. Dengan layar 8-bit “standar” ada 16,7 juta.

Ini tampak seperti perbedaan besar, tetapi sebagian besar konten tidak dibuat dengan kedalaman warna yang tinggi ini. Gambar diambil dari kamera internal dalam warna 10-bit secara default.


Kamera

Pulau kamera OPPO Find X3 Pro memiliki empat kamera. Di sebelah kanan adalah kamera utama dan kamera sudut ultra lebar, yang dilengkapi dengan lensa dan sensor terbesar. Keduanya memiliki sensor 50MP.

Lensa telefoto memiliki resolusi 13 MP yang sedikit lebih jauh di antara lensa lainnya. Ini hanya menyediakan dua kali zoom optik yang sebenarnya.

Lensa Mikroskop

Saat Anda mengambil “mikrograf” dengan lensa yang dimaksud, lampu cincin menyala di mana-mana secara otomatis. LED tidak terlalu terang, tetapi cukup terang untuk menangkap permukaan yang akan difoto dengan benar.

Dalam praktiknya, membuat mikrograf yang baik lebih sulit daripada gambar makro biasa. Seperti halnya mikroskop nyata, kedalaman bidang sangat kecil. Jika permukaan Anda tidak sepenuhnya rata, beberapa area pasti tidak fokus.

Setelah Anda menguasai cara kerjanya, Anda dapat mengambil gambar dengan kamera mikroskopis yang sebelumnya tidak dapat dilakukan dengan smartphone lain. Anda melihat setiap piksel di layar Anda, serat kertas robek di koran atau debu kecil di antara benang kain.

Foto Mikrograf Oppo Find X3 Pro

Baterai

Masa pakai baterai Find X3 Pro tampaknya mengecewakan berdasarkan pengujian kami. Dalam ketiga pengujian, perangkat tampil di bawah rata-rata. Apalagi dalam uji video, jauh dari Samsung Galaxy S21 Ultra dan Apple iPhone 12 Pro Max.

Pabrikan top-cover di segmen ini umumnya memilih layar Full HD dengan resolusi lebih rendah, karena OPPO masih memiliki layar yang bagus namun serakah dengan resolusi yang lebih tinggi.

Kesimpulan

OPPO telah menambahkan beberapa fitur unik dibandingkan dengan pesaingnya, seperti kamera dengan mikroskop khusus dan layar warna 10-bit. Dikombinasikan dengan daya tahan baterai yang cukup moderat, ada perangkat di segmen ini yang menawarkan kinerja lebih baik, tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda, Find X3 Pro sudah tepat.