Kenali Perbedaan Selulit Dan StrechMark Yuk Bunda,Dan Tips Menghilangkannya

Daftar Isi

Sama-sama menggangu penampilan dan susah hilang,sering membuat selulit dan stretch mark dianggap sama.Padahal nyatanya,kedua masalah ini adalah kondisi yang berbeda.

Lantas,apa saja bedanya dan mana yang lebih sulit dihilangkan???Keduanya,baik selulit atau stretchmark,bukanlah masalah yang harus dikhawatirkan.Sebab selulit dan strechmark tidakalah berbahaya,hanya saja dirasa cukup menurunkan kepercayaan diri,terutama bagi kaum hawa.

Selulit atau stretchmark adalah jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat perubahan mendadak menyebabkan kolagen dan elastin yang merupakan komposisi kulit kita pecah karena tidak dapat mengimbangi regangan kulit yang terjadi dengan cepat.

Untuk lebih jelasnya, simak perbhmark dengan memahami beberapa hal berikut ini.edaan selulit dan stretchmark

1. Beda bentuk dan warnanya

Meski Terlihat mirip, kedua masalah kulit ini ternyata punya bentuk yang cukup berbeda.

Jika diamati lebih teliti,selulit punya bentuk yang bergelombang atau berkerut mirip dengan kulit jeruk.Namun, bentuk stretchmark (striae) ditandai dengan munculnya guratan , kerutan, atau garis berwarna putih kemerahan yang sangat berbeda dengan warna kulit.

Singkatnya, selulit dapat mengubah tekstur kulit asli tanpa mengubah warna kulit.Sementara itu, strechmark tidak hanya menimbulkan lekukan pada kulit, tapi juga sekaligus mengubah warna asli kulit.

2. Beda penyebabnya

Perbedaan selulit dan stretch mark juga bisa dilihat dari penyebanya.

Banyak yang berpendapat kalau selulit disebabkan oleh adanya penumpukan lemak yang berlebih,sehingga sering dialami orang yang bertubuh gemuk.

Nyatanya tidak demikian, strechmark dan selulit bisa timbul pada siapa saja dengan badan gemuk ataupun kurus. Selain itu selulit dan stretchmark bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan , bahkan anak-anak atau remaja.

Penyebab selulit

Selulit dipicu dengan adanya perubahan ukuran dan struktur sel-sel lemak yang menumpuk di bawah permukaan kulit.

Penumpukan lemak di bawah kulit ini tanpa sadr akan mendorong kulit, sehingga menciptakan bentuk tonjolan yang tidak beraturan di kulit.

Tidak hanya itu, perubahan sirkulasi darah , khususnya suplai darah, dapat berujung pada penumpukan jumlah cairan yang berlebih dalam jaringan.

Akhirnya, timbul selulit di daerah tersebut.Faktor genetik juga diduga menyumbang meningkatnya resiko penyebab seseorang lebih rentan mengalami selulit.

Penyebab stretchmark

Sementara itu, stretchmark adalah masalah umum yang sering dialami perempuan usai melahirkan.

Kondisi ini biasanya mulai muncul akibat kulit yang meregang dan saat ukuran perut ibu semakin membesar.

Selain itu, risiko mengalami strtchmark bisa semakin meningkat karena faktor perubahan hormon pada ibu hamil.

Mengalami penambahan dan penurunan bereat badan juga tak kalah beresiko. Namun, stretchmark tidak ada hubungannya dengan genetik.

3. Beda letakanya

Selulit bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tergantung kondisi tubuh Anda. Sebagian besar orang mengalami selulit di sekitar perut, paha, pinggul, dan bokong.

Pada kasus selulit yang dialami anak atau remaja, selulit dapat muncul di area wajah dan leher.

Di sisi lain, stretch mark lebih sering muncul di bagian tubuh yang mudah meregang, misalnya bagian perut, lengan bagian atas, paha, serta bokong.

Selain itu, stretchmark pada payudara terjadi karena perubahan akibat kehamilan.

Cara menghilangkan selulit dan stretchmark

1. Laser

Ini adalah cara menghilangkan stretch mark yang paling mudah, karena dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit. Perawatan laser yang dilakukan secara berkala terbukti ampuh untuk menghilangkannya. Sayangnya, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perawatan ini. Selain itu, jika kamu tidak melakukannya secara tuntas, bisa saja stretch mark tersebut akan muncul kembali.

2. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya adalah produk kecantikan yang sedang populer belakangan ini. Gel lidah buaya akan membuat kulit tetap kenyal dan elastis, sehingga secara perlahan stretch mark tersebut akan hilang. Kamu cukup mengoleskan gel tersebut secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilaslah dengan bersih.

3. Minyak zaitun

Hal yang membuat minyak zaitun cocok dijadikan sebagai bahan alami penghilang stretch mark adalah kandungan zat linoleic acid-nya. Zat ini ampuh untuk menjaga kandungan air pada kulit, sehingga stretch mark pasti akan pudar perlahan. Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga akan membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Kamu cukup mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan sedikit madu, kemudian oleskan secara merata pada stretch mark.

4. Putih telur

Sama seperti gel lidah buaya, putih telur juga ampuh untuk mengenyalkan wajah sekaligus mencerahkannya. Hal ini lantaran putih telur merupakan sumber protein dan mikronutrien yang baik. Jika kamu ingin mengurangi bau amisnya, kamu dapat menambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon

5. Gula

Dengan menggunakan gula sebagai scrub alami, maka kulit yang terasa kasar akan menjadi lebih lembut. Kamu dapat mencampurkan gula dengan madu, kemudian gosokkan perlahan pada area stretch mark sehabis mandi.

6. Minyak vitamin E

Vitamin E memang sudah dikenal luas mampu mengatasi beragam masalah kulit. Kamu dapat menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Bubuk coklat

Apabila kamu sering membuat kue di rumah, bubuk cokelat yang biasa jadi bahan pembuat kue ini dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. Buatlah pasta dari bubuk cokelat yang hanya diberi sedikit air, lalu oleskan pada stretch mark sebanyak dua kali sehari.

8. Lotion

Dengan menggunakan losion yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki juga akan menghilangkan stretch mark perlahan. Gunakanlah setiap hari, agar stretch mark hilang dan kulit semakin kenyal dan sehat.