tools digital marketing
tools digital marketing

5 Tools Digital Marketing dari Google, Gratis Digunakan

Di era maraknya bisnis online seperti sekarang, tools digital marketing sangat membantu dalam upaya pemasaran secara efektif. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang rela menyewa jasa digital marketer profesional untuk meningkatkan profit bisnisnya.

Kalau minim budget, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur digital marketing yang ditawarkan Google secara gratis. Setiap tools memiliki fungsinya masing-masing, termasuk untuk menganalisis kinerja website, beriklan dan lain sebagainya.

Mau tahu apa saja tools yang bisa membantu bisnis online kamu? Pemilik website wajib tahu program gratis dari Google ini yang sudah kami lengkapi dengan penjelasannya.

Tools Digital Marketing Gratis Milik Google

Tools seperti ini biasanya digunakan untuk menganalisis performa website, melihat trafik kunjungan, meriset kata kunci hingga dapat mengetahui kebiasaan pengunjung.

Baca Juga  Alasan Ini Membuat Bisnis di TikTok Ads Perlu Dicoba

Jadi kalau kamu memiliki website untuk tujuan komersial seperti bisnis atau mendapatkan uang dari adsense, wajib pakai tools-tools ini:

Google Analytics

Seperti namanya, tools ini akan membantu melakukan analisis pemasaran melalui parameter trafik, sumber trafik, data demografi dan lain-lainnya. Data-data tersebut bisa digunakan untuk mengoptimalkan website milikmu.

Di Google Analytic juga bisa digunakan untuk melihat jumlah pengunjung secara real time, bahkan hingga jenis perangkat yang mereka gunakan. Cocok digunakan untuk website komersial agar dapat membaca kebiasaan konsumen.

Google Search Console

Google Search Console juga bisa kamu gunakan secara gratis untuk memonitoring performa web yang berkaitan dengan parameter traffic, backlink, prosentase klik dan lainnya. Tools ini juga memungkinkan kamu melihat kinerja website saat diakses pada perangkat mobile.

Baca Juga  Teknik Marketing Online dengan Efektivitas Paling Tinggi

Menghubungkan website dengan Google Search Console akan memudahkan dalam optimasi situs kamu, bahkan juga bisa mengetahui ada tidaknya link yang eror atau broken sehingga dapat segera diperbaiki.

Google Trends

Kalau di website yang kamu kelola menyajikan informasi berupa kumpulan artikel-artikel, maka wajib gunakan tools satu ini. Tools tersebut berfungsi untuk mencari tahu kata kunci atau topik apa yang sedang tren di kalangan pengguna.

Kamu juga bisa memanfaatkan untuk memaksimalkan konten-konten marketing agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Dalam tools nantinya data akan disajikan dalam bentuk grafik sehingga mudah pembacaannya.

Google Bisnisku

Sedangkan untuk program ini berfungsi memudahkan konsumen atau target market melihat informasi bisnis kamu. Fitur-fitur di dalamnya memungkinkan konsumen untuk memberikan review sehingga bisa dijadikan sebagai alat komunikasi.

Baca Juga  Cara Pasang Iklan di Google Ternyata Cukup Mudah

Google Adwords

Kalau yang terakhir ini sebenarnya tidak sepenuhnya gratis. Kamu bisa menggunakannya secara cuma-cuma untuk beriklan di Google Ads. Kamu hanya perlu membayar jika ada audiens membuka iklan tersebut.

Jadi biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan Adwords relatif lebih terjangkau dan kamu bisa mengenalkan bisnis lebih mudah serta jangkauannya lebih luas.

Kamu tidak harus menggunakan semua program di atas, memilih mana tools digital marketing dari Google yang paling sesuai dengan tujuan pemasaran bisnis kamu.