Teks Biografi

Sebuah karya sastra mengenai kisah hidup tokoh tertentu sering disebut dengan istilah teks biografi, biasanya dijumpai dalam berbagai buku. Setidaknya Anda pernah membaca beberapa kisah atau riwayat mengenai tokoh terkenal.

Karya sastra ini memberikan informasi, pengetahuan, dan pelajaran moral kepada para pembaca. Banyak nilai yang bisa Anda dapatkan dengan memperhatikan pesan-pesan dan pengalaman berharga mengenai sebuah permasalahan.

Struktur Teks Biografi beserta Pengertiannya

Kisah riwayat hidup membahas perjalanan seorang tokoh selama masih hidup. Ulasan di dalamnya berupa kenyataan, peran penting terhadap lingkungan sekitar, serta berbagai pelajaran berharga bagi pembaca.

Sebuah riwayat perjalanan hidup akan ditulis untuk mengenang jasa atau sebuah peristiwa penting dalam kehidupan tokoh panutan masyarakat. Biasanya tokoh terkenal, meraih kesuksesan, serta berjasa akan dibuatkan biografi.

Dari sebuah riwayat, pembaca bisa menambah ilmu pengetahuan, serta mengambil hikmah agar menjalani kehidupan lebih baik di masa mendatang. Bisa dengan melakukan berbagai hal produktif serta bermanfaat bagi masyarakat.

Tokoh dalam biografi mempunyai segudang pengalaman untuk dijadikan pelajaran supaya pembaca tidak mengulangi kesalahan di masa depan. Tujuan dibuat tulisan itu adalah dijadikan sebagai edukasi dari berbagai sisi.

Baca Juga  Teks Editorial

Sedangkan struktur memoar terdiri dari tiga bagian, yaitu orientasi, menggambarkan pengenalan sebuah tokoh dari suatu tulisan. Disusul dengan bagian kejadian, menerangkan masa hidup dari awal sampai akhir.

Segala perkembangan pihak terkait akan dijelaskan pada bagian kejadian, mulai kecil sampai dewasa, serta suka duka selama hidupnya. Kemudian ditutup oleh bagian reorientasi, berisi kesimpulan mengenai segala kisah sebelumnya.

Contoh Teks Biografi Pahlawan Singkat

Profil pahlawan nasional dapat ditemui pada buku-buku di perpustakaan. Di kalangan perempuan, RA Kartini merupakan salah satu tokoh paling berjasa dan berpengaruh. RA Kartini berjasa memperjuangkan emansipasi wanita, berikut profilnya.

Lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879, Raden Adjeng Kartini merupakan seorang wanita keturunan bangsawan Jawa. Beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi Nusantara.

Saat itu RA Kartini merasa prihatin dengan diskriminasi kaum laki-laki dan perempuan di lingkungannya. Perempuan tidak mempunyai hak dan kesempatan untuk belajar, hanya bangsawan yang mempunyai hak pendidikan.

Raden Ayu Kartini mengenyam pendidikan di Europes Lagere School hingga usia 12 tahun. Setelah usia 12 tahun, beliau harus mengikuti tradisi Jawa dipingit, yaitu berdiam di rumah menunggu dipinang.

Baca Juga  Teks Eksplanasi - Pengertian, ciri-ciri dan contoh

Beliau mempunyai kemampuan berbahasa Belanda dari latihan menulis, membaca surat kabar, buku, dan majalah. Kartini juga membaca berbagai karya dalam bahasa Belanda, hal ini membuat pengetahuannya semakin luas.

Dari belajar bahasa Belanda, Kartini menaruh ketertarikan dengan pola pikir wanita Eropa. Kemudian hal tersebut dipelajari hingga muncul keinginan memajukan kaum perempuan di Indonesia untuk meningkatkan status sosial.

Karena keprihatinan terhadap emansipasi wanita, muncul pandangan bahwa kaum perempuan juga perlu mendapat hak persamaan, kebebasan, serta kesetaraan. Hal itulah yang diperjuangkan RA Kartini pada masa itu.

Setelah Kartini meninggal 4 hari setelah melahirkan, J.H Abendanon mengumpulkan semua surat yang pernah ditulis saat aktif melakukan korespondensi dengan teman-teman Eropa. Ini adalah awal penulisan Door Duisternis tot Licht.

Dari isi bukunya, pemikiran RA Kartini sangat berpengaruh dalam mengubah pola pikir masyarakat Belanda pada wanita pribumi. Tulisan tersebut menjadi inspirasi tokoh nasional dalam membuat karya berdasarkan Kartini.

Jenis-jenis Teks Biografi Berdasarkan Pembagian Tertentu

Teks biografi suatu tokoh dikelompokkan menjadi empat golongan. Setiap golongan masih dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasan lengkapnya untuk menambah ilmu pengetahuan para pembaca di masa mendatang.

  1. Berdasarkan Sisi Penulisan

Dibedakan menjadi dua, yaitu authorized biography, ditulis berdasarkan izin dari sebuah tokoh yang dijadikan tulisan. Dengan kata lain, tokoh tersebut mengetahui tentang proses penulisan pengalaman hidupnya.

Baca Juga  Teks Eksposisi

Selanjutnya ada unathorized biography, dibuat tanpa izin tokoh bersangkutan. Biasanya tokoh referensi sudah meninggal dunia. Proses pembuatannya sama sekali tidak melibatkan kontribusi dari pihak terkait.

  1. Berdasarkan Isi

Pertama ada perjalanan hidup, mengangkat pembahasan mengenai perjalanan hidup seseorang. Penulis dapat menentukan sudut pandang dari kisah. Penulisannya tergantung pada gaya penulis dalam menggambarkan sesuatu.

Kedua, perjalanan karir, berisi tentang perjalanan karir tokoh bersangkutan. Hampir mirip seperti perjalanan hidup, penulis bebas menentukan dari sudut pandang mana yang akan digunakan. Biasanya kisah inspiratif dijadikan kisah utama.

  1. Berdasarkan Bahan Penulisan

Apabila sumbernya dari hasil wawancara, baik dengan pihak utama atau pendukung, seperti keluarga dan kerabat, maka jenisnya adalah journalist biography. Diperlukan proses wawancara sebelum membuat tulisan.

Ada juga teks biografi diangkat berdasarkan tema politik. Namun sebelum itu, penulis perlu mengumpulkan berbagai bahan dari proses riset sesuai tema dalam tulisan. Tentunya harus berhubungan dengan pihak utama.

  1. Berdasarkan Penerbit

Jenis teks profil buku subsidi dibuat oleh sponsor berkaitan. Seluruh biaya produksi sampai proses penerbitan ditanggung oleh sponsor. Sedangkan jenis buku sendiri, dibuat dan ditanggung oleh penerbit.

Terdapat banyak klasifikasi mengenai teks riwayat hidup seseorang selain penjelasan di atas. Pastinya setiap kategori mempunyai ciri khas berbeda. Meskipun berbeda, teks biografi mempunyai banyak nasehat untuk diterapkan dalam kehidupan.