Coins in soil with young plants on blurred background

Keuntungan Melakukan Investasi Sejak Muda untuk Anda

Keuntungan melakukan investasi bukan hanya teori yang selalu digaungkan. Namun, hal ini memang nyata. Jika Anda ingin mendapatkan jaminan finansial di masa depan, maka investasi adalah solusinya.

Banyak orang yang menganggap bahwa menabung sebanyak mungkin bisa menjadi aset di masa depan. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun rasanya kurang cerdas.

Saat Anda hanya menabungkannya saja, uang tersebut akan menjadi aset diam dan tidak bertambah secara signifikan. Meski ada jaminan bunga bank, namun besarannya sangat sedikit.

Beda halnya dengan investasi, uang Anda akan terus berputar dalam roda ekonomi dan bisa menghasilkan aset yang lebih banyak lagi. Sehingga dalam beberapa tahun kedepan uang tersebut akan berlipat ganda.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak menyadari akan hal ini. Mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai investasi. Oleh sebab itu, mereka takut mencobanya.

Padahal, kegiatan penggerak pilar ekonomi tersebut memiliki banyak kelebihan. Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Keuntungan Melakukan Investasi yang Dapat Memberikan Jaminan

Bagi Anda yang masih muda dan sedang melakukan perencanaan keuangan, coba untuk berinvestasi. Sebab, investasi yang dilakukan sejak muda akan memberikan jaminan masa depan di masa tua.

Baca Juga  Melakukan Diversifikasi Aset Kripto untuk Mengurangi Risiko

Dengan membiasakan berinvestasi, aset kekayaan Anda tanpa disadari akan semakin bertambah. Tidak seperti menabung yang akan tetap. Selain untuk menjamin masa tua, investasi juga memiliki banyak keuntungan lainnya.

Cara Menghindari Inflasi

Inflasi merupakan turunnya nilai mata uang karena harga seluruh kebutuhan akan naik. Misal harga beras saat ini adalah 10.000, bisa saja beberapa tahun kemudian harga beras menjadi 30.000.

Sehingga, jika Anda hanya menabung uang tersebut dengan nilainya saat ini yang menurut Anda besar, beberapa tahun kemudian akan berkurang kapasitasnya. Oleh sebab itu, untuk menghindari inflasi Anda harus melakukan investasi.

Saat berinvestasi, uang Anda akan terus berputar dan digunakan dalam segala bidang ekonomi. Sehingga, nilainya akan terus menyesuaikan dengan keadaan ekonomi saat itu dan tidak terpengaruh inflasi.

Menambah Penghasilan

Keuntungan melakukan investasi adalah penghasilan Anda akan bertambah. Sebagai investor Anda akan mendapatkan keuntungan baik itu harian, bulanan, atau tahunan dari dana investasi tersebut.

Baca Juga  Tips Investasi Valuta Asing Bagi Investor Pemula

Sumber penghasilan Anda akan bertambah tanpa harus menambah jam kerja dan kesibukan. Cukup menanamkan modal pada lembaga terpercaya, maka uang Anda akan berputar sendirinya.

Seiring bertambahnya penghasilan, artinya aset kekayaan Anda juga akan bertambah. Coba bandingkan aset yang diperoleh jika Anda hanya menabung saja.

Saat Anda menabung dan berinvestasi dalam jumlah dan jangka waktu yang sama, keuntungan yang diperoleh pasti akan berbeda. Uang yang Anda investasikan akan lebih banyak seiring waktu berjalan.

Sedangkan uang yang ditabung akan masih dalam kisaran awal menabung. Belum lagi jika ada inflasi besar-besaran, uang investasi akan jauh lebih banyak.

Bekal Finansial Masa Tua

Keuntungan melakukan investasi di masa muda, sama saja Anda sedang menyiapkan bekal di masa tua. Sebab, investasi memang berbeda dengan bisnis yang akan menuai hasilnya dengan cepat.

Atau menabung biasa yang hanya menyimpan sejumlah uang tanpa memutarkannya. Dalam investasi, uang yang Anda berikan ke pihak ketiga akan diputarkan oleh mereka.

Anda tidak perlu ikut campur dalam perputaran tersebut, cukup menunggu pembagian keuntungan saja. Namun hal itu tentu sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu repot-repot terlibat.

Baca Juga  Saham Blue Chips dan Karakteristik yang Harus Dimilikinya

Oleh sebab itu, Anda harus bersabar atas hasil yang akan diperoleh. Investasi, memang diproyeksikan untuk perencanaan keuangan di masa depan. Keuntungan yang akan Anda peroleh juga akan maksimal setelah di atas 10 tahun.

Sehingga, investasi sangat cocok untuk mempersiapkan finansial si masa tua, ketika Anda sudah tidak produktif lagi.

Melatih Rasa Tanggung Jawab

Selain dalam bidang finansial, Anda juga secara tidak sadar akan melatih rasa tanggung jawab. Rasa tanggung jawab ini bukan hanya kepada orang lain, tapi kepada diri Anda sendiri atas keputusan yang sudah diambil.

Sebab dalam prosesnya, investasi tidak hanya berbicara mengenai keuntungan tapi juga mengenai kerugian. Anda harus berani menerima kenyataan saat investasi yang diambil ternyata mengalami kerugian.

Anda harus bisa mengambil pelajaran dari kerugian tersebut dan tidak hanya sekedar menyalahkan pihak lain.

Berinvestasi yang selama ini sering diabaikan, ternyata memiliki banyak sekali keuntungan dalam bidang finansial. Keuntungan melakukan investasi ini akan maksimal jika dilakukan sejak usia muda.