Teks Prosedur

Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan kalimat atau paragraf urut mengenal langkah melakukan sesuatu. Dibuat berdasarkan kaidah tertentu karena tujuan akhirnya mencapai keinginan. Semua langkah yang dipaparkan akan memiliki fungsi tersendiri.

Jika Anda saat ini ingin membuat teks tipe procedure, wajib mengetahui apa saja pengertian atau maknanya. Terlebih terdapat ciri, struktur sampai kaidah khusus. Semua contoh pembuatan berdasarkan unsur tersebut.

Mengenal Teks Prosedur dan Strukturnya

Pengertian kalimat prosedur sudah terdapat langsung pada KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Isinya mengenai suatu tahap kegiatan atau aktivitas. Tentunya harus bisa menyelesaikan tujuan awalnya.

Teks semacam ini dibuat karena banyak aktivitas harus dibuat dengan langkah yang tepat. Terlebih banyak orang kurang mampu melaksanakan kegiatan tanpa prosedur. Akhirnya dibuatlah langkah-langkah lengkap dulu.

Untuk isi utamanya harus berisi mengenai tujuan serta langkah apa saja dalam mencapainya. Lalu pada bagian mendekati akhir, akan dilengkapi interpretasi. Secara tidak langsung akan menjadi kesimpulan akhir.

Sementara itu untuk struktur pada teks prosedur, terdapat 4 unsur berbeda. Unsur-unsur inilah yang akan menjadi patokan pembuatan tutorial prosedur tersebut. Jika hilang satu saja, akan dianggap tidak lengkap.

Baca Juga  Teks Observasi

Pertama ada judul yang menjadi pokok utama pembahasan. Unsur satu ini harus detail tapi hindari terlalu panjang tanpa ada maksud jelas. Terlebih akan menjadi petunjuk mengenai apa isi di dalamnya.

Selain itu terdapat juga struktur penting lainnya seperti Tujuan. Sesuai dengan namanya akan menjadi tujuan akhir tapi berupa isi. Umumnya akan terdapat juga dalam bagian awal perkenalan atau pembukaan.

Selanjutnya, kita akan menemukan juga bagian berupa alat dan bahan. Tentunya yang akan digunakan dalam pembuatan benda, kerajinan dan sebagainya. Harus lengkap agar membantu isinya bekerja maksimal.

Baru setelah itu terdapat struktur paling penting berupa langkah-langkah. Nantinya berisi mengenai apa saja langkah serta petunjuk yang wajib dilakukan. Harus dibuat dengan baik supaya mudah diikuti pembaca.

Ciri dan Kaidah Teks Prosedur

Sesuai dengan pengertiannya, ciri paragraf prosedur pastinya harus berisi mengenai langkah-langkah. Semua cara pembuatan yang akan dijelaskan harus dimasukkan. Dalam tujuan proses aktivitas tersebut berjalan lancar.

Selain itu kita akan semakin jelas mengenalinya karena umumnya dilengkapi kalimat perintah. Disini sudah ditambah lagi dengan penjelasan paling detail. Tidak heran kemudian lebih mudah untuk mengikutinya.

Agar kegiatan yang dilakukan berhasil dengan sempurna, kemudian ditambahkan banyak konjungsi. Lalu perlu juga menambah kata kerja aktif. Kata keterangan yang mendukung prosedur pastinya akan ditambahkan.

Baca Juga  Teks Deskripsi

Selain ciri, pastinya disini terdapat juga kaidah teks prosedur. Kaidah pertama yaitu adanya tambahan wajib berupa kalimat ajakan. Contoh banyak seperti sebaiknya, harusnya, hendaknya dan beberapa kata sejenisnya.

Kaidah lain yang dibutuhkan disini yaitu kata perintah dan kerja yang maksimal. Misalnya tutorial penting, pasti terdapat kata hindarilah atau pastikan. Sementara itu untuk kata kerja, pasti diawali me-.

Kaidah selanjutnya yang cukup penting adalah kata teknis. Semuanya berhubungan dengan aktivitas yang dilakukan. Tema atau pokok utama dari tutorial yang dibuat harus dilengkapi kata teknis berkaitan.

Kita juga akan menemukan penggunaan kata hubung penjumlahan. Tipe kata ini contohnya seperti kemudian, setelah atau selanjutnya. Terakhir pastinya kaidah berupa penambahan petunjuk penggunaan alat yang disiapkan.

Contoh Karangan atau Bahasan Prosedur Lengkap

Untuk contoh paragraf prosedur sebenarnya lebih mudah dibuat kalau kita sudah pernah mencobanya. Tidak mungkin ketinggalan langkah apapun. Jadi, dibuat dengan baik karena sang penulis punya pengalaman tersendiri.

Tapi bukan berarti teks prosedur itu hanya ditulis oleh ahli saja. Orang biasa juga tetap dapat membuatnya sendiri. Kita disini dapat mengambil contoh dari tema pembuatan obat alami pengantar tidur.

Baca Juga  Teks Persuasi

“Sulit tidur merupakan hal yang sering dialami orang belakangan ini. Istilah kesehatan yang lebih terkenal mungkin insomnia. Banyak penyebabnya, misal karena masalah kesehatan atau beban pikiran.

Untuk mengatasi insomnia, para penderita harus membeli obat dari dokter. Jika terlalu banyak dikonsumsi, bisa menyebabkan ketergantungan. Makanya bisa mencegah berlebihan konsumsi obat kimia dengan resep tradisional.

Dalam proses pembuatannya, membutuhkan bahan dan alat penting. Untuk bahan, hanya membutuhkan 5 potong akar kelapa hijau dengan panjang 4cm beserta 600cc air. Lalu alatnya penumbuk, panci, anco dan kompor.

Sementara itu untuk langkah pembuatannya sangat sederhana. Pertama tinggal memotong dan bersihkan akar kelapa hijau yang sudah disiapkan. Lalu menumbuknya bersamaan dengan 10 butir biji teratai.

Selanjutnya tinggal menambahkan air dan rebus akar beserta bijinya. Anda perlu menunggu sampai airnya tinggal setengah dari awalnya atau 300cc. Agar lebih bermanfaat, disarankan mengkonsumsinya saat masih hangat.”

Anda juga dapat menuliskan semua tutorial atau prosedur dengan listicle. Tujuannya supaya lebih jelas, selain itu langkah-langkahnya ditambah angka. Jadi, potensi ketinggalan salah satu prosedur cukup minim.

Untuk membuatnya teks tersebut, jangan sampai kerepotan karena langkahnya mudah. Tidak lain dengan mencontoh dari buatan orang lain lalu diganti dengan kalimat kita. Pasti teks prosedur tetap bagus hasilnya.