businessman working with new modern computer show social network structure

Cara Menghindari Terjadinya FUD Dalam Cryptocurrency

Menghindari terjadinya FUD harus dilakukan oleh setiap trader saat beraktivitas jadi, tidak hanya melakukan analisis atau menghindari sifat FOMO saja. Menurut mengertiannya akan ditemukan 3 pengertian utama.

Fear (rasa takut), Uncertainly (rasa tidak pasti) dan Doubt (khawatir akan terjadi sesuatu) Inilah tiga aspek psikologi yang mempengaruhi segala aktivitas trading. Di mana para pemodal akan menggiring opini.

Karena dalam transaksi tidak melibatkan pemerintahan atau bank seperti sahan dan forex maka, pengaruh terbesar untuk meningkatkan serta mengurangi adalah para trader tersebut. Permintaan serta ketersediaan merupakan kunci utama.

Jadi, pada intinya Anda akan dibawa dalam situasi rasa takut sehingga, investor ini akan bertindak gegabah dengan menjual sebagian atau seluruh aset. Dengan begini, beberapa pihak tertentu dapat diuntungkan.

Pemainan negatif tersebut memang sudah lama terjadi. Tinggal bagaimana cara menghindari terjadinya FUD. Satu contoh pasti dalam kejadian tersebut adalah kabar mengenai Bitcoin sehingga, harga dari sentimen pasar ikut tergiring.

Hal tersebut benar, Bitcoin melonjak sangat tajam mencapai 30 ribu Dolar. Para Investor awam sudah memasuki tahap FUD di mana berita mengenai transaksi ganda di blockchain walau kenyataannya tidak tahu.

Perilaku seperti ini sebenarnya sangat negatif tetapi, wajar saja dilakukan sebagai teknik membawa orang mengikuti kemauan mereka. Memang sangat berbahaya karena, opini tersebut membuat pergerakan aset krypto naik turun.

Langkah untuk Menghindari Terjadinya FUD

Menghindari FUD sangat penting karena, bisa menghindarkan Anda dari kerugian akibat pasar menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, coba kuatkan mental dan dan percaya diri terhadap pilihan Anda.

Untuk bisa menguatkan diri cobalah dengan belajar lebih tekun lagi mengenai cryptocurrency mulai dari awal sampai akhir. Bila perlu lakukan konsultasi terlebih dulu kepada para ahli, setidaknya punya pengalaman.

Karena, teori saja kurang mampu mengatasi permasalahan ini. Harus pengalaman dan mereka pernah mengalami situasi seperti ini secara langsung. Dengan begini semua solusi yang disampaikan benar nyata, bukan saduran.

Menghindari terjadinya FUD sangat sulit bagi mereka yang tidak punya rasa percaya diri tinggi. Tetapi, jangan menyerah begitu saja dan tidak mau mencoba. Semua bisa diubah dengan proses belajar perlahan.

Pembelajarannya memang cukup sulit karena, pengaruhnya sendiri cukup kuat. Bisa dikatakan Anda harus membangun sebuah pondasi tebal. Selain itu, cobalah melihat secara realita melalui proses grafik dan pola berjalan.

Melihat proses seperti ini harus disertai dengan analisis yang tepat bukan secara emosi melainkan logika. Jadi, cobalah berpikir berdasarkan apa yang terjadi lakukan riset bila perlu untuk menangkal opini tersebut.

Bila Anda mampu menangkalnya, bisa jadi senjata ampuh untuk menggiring pernyataan baru dan menciptakan peluang naik turunnya harga. Proses analisa logika sendiri cukup sulit karena, data masih kurang.

Tetapi, dalam penggiringan opini pasti penggunaan kata janggal akan disematkan. Anda harus teliti serta jeli dalam melihat pola kalimat tersebut. Pasti ada rangkaian kalimat yang menjurus ke arah opini tersebut.

Langkah untuk Menghindari dari Segi Teknis

Menghindari terjadinya FUD jangan hanya dari psikologis saja melainkan, sisi teknis juga harus dihilangkan. Polanya seperti ini, Ada orang memberikan berita negatif kemudian, di sebar melalui berbagai forum.

Dari sini, banyak orang berkomentar banyak hal, mereka akan membawa berbagai macam serta pertanyaan. Bahkan, membawa sebuah cerita dengan sebuah bukti yang akan diputarbalikkan sehingga, mereka menjadi percaya.

Karena, sifatnya sendiri akan menjadi herding behaviour atau satu kata pada akhirnya akan mengikuti dan membenarkan secara jelas. Hal ini memang akan terjadi akibat sifat dari psikologi manusia.

Untuk menghindari FUD ini Anda diwajibkan untuk tidak terpengaruh sama sekali caranya jangan berkomentar lebih. Bila Ada yang mencoba memberikan pernyataan usahakan langsung memberikan petunjuk teknis secara jelas.

Jangan langsung memotong dan menganggap bahwa opini tersebut salah tetapi, ikuti saja lihat dulu perkembangannya. Tetapi, usahakan menyiapkan berbagai macam dana bila terjadi kerugian tersebut Anda tetap tenang.

Hal semacam ini memang harus diperhatikan, jangan sampai Anda terjebak dalam situasi tersebut. Menghindari terjadinya FUD ini memang jadi sebuah fenomena alam bagi para investor baru jadi hati-hati.